BNPC CS is becoming ACM/ICPC INC 2007

Thursday, April 05, 2007
Karena taon kemarin menang di Taiwan, maka BiNus ditawarin untuk jadi salah satu host The 2008 ACM/ICPC Asia Regional Contest. Tapi sebelum itu, orang ACM/ICPC pengen liat dulu apakah BiNus mampu menjadi host untuk acara seperti itu untuk tingkat nasional dulu sebelum jadi host untuk tingkat Asia. Karena itu diputuskan untuk BNPC CS 2007, diubah konsepnya sedemikian rupa untuk menyesuaikan dengan kontes standarnya ACM/ICPC.

Sebenernya, by nature, BNPC CS 2007 sudah mengadopsi sebagian besar standar kontesnya ACM/ICPC. Hanya ada beberapa hal yang berbeda, seperti peserta dan ruangan lomba. Karena itu untuk BNPC CS 2007 kali ini, biar lebih mirip lagi sama standar kontesnya ACM/ICPC, peserta tidak lagi individual, artinya peserta berkelompok ber 3, dan ruangannya ga dipisah2 lagi, tapi digabung jadi satu. Dengan perubahan ini, maka nama BNPC CS pun disarankan untuk berubah, jadilah sekarang menjadi ACM/ICPC Indonesia National Contest 2007.

Menyesuaikan dengan standar kontes ACM/ICPC ga susah, masalah peserta berkelompok, tinggal tambah kursi aja di depan komputer. Yang masalah adalah bikin semua komputer itu dalam 1 ruangan. Awalnya mo di food court kampus Anggrek, cukup sih, cuma ribet karena harus setup listrik dan jaringan baru. Trus da gitu perlu waktu yang cukup banyak untuk turunin komputer dari Lab lt. 6 ke food court, and waktu untuk balikinnya lagi, karena besoknya mo dipake praktikum lagi. Otomatis musti cari waktu yang 3 hari berturut2 ga ada praktikum --> Susah, and hampir ga ada, kecuali mahasiswa libur.

Ketemu hari yang berturut2 libur, yaitu 17-19 Mei 2007. Setelah ketemu waktunya, bikin proposal & presentasi depan Rektor untuk minta dukungan dan persetujuan, ehhh.. ditolak sama Rektor gara2 waktunya dianggap terlalu mepet "ga happy saya ini dengan tanggalnya.." begitulah kata Rektor waktu itu. Ya sudah, akhirnya cari alternatif tempat lain yang ga ganggu perkuliahan.

Setelah mencari2, akhirnya dapet ruangan yang bisa nampung 50 kelompok dalam 1 ruangan tak terpisah, yaitu di Lab Komputernya JWC, yang kebetulan ruangan lab nya itu bisa digabung 3 ruangan. Ga mengganggu perkuliahan dan ga perlu instalasi listrik & jaringan lagi, karena kebetulan sudah ada *la wong ruangan lab gitu..* Tanggal pun akhirnya bisa fleksibel, jadi diundur ke 16 Juni 2007, sehingga dirasa ga terlalu mepet.

Hari ini presentasi ke Rektor, takut klo tanggal usulan kita dianggap terlalu mepet lagi. Secara kita sudah ga bisa mundur lebih lama lagi dari bulan Juni, hal ini disebabkan karena dari pemenang ACM/ICPC INC 2007 ini, nanti akan dibina & dilatih untuk disiapkan mengikuti The 2007 ACM/ICPC Asia Regional Contest yang biasanya diadakan sekitar Oktober - November. Klo mundur lagi, takutnya persiapan untuk ARC nya ga maksimal.

Jadi tadi presentasi ke Rektor dengan harap2 cemas, takut kalo2 nanti tanggalnya diprotes lagi. Hadohhh.. untungnya hari ini Pak Rektor sedang happy, jadi waktu presentasi lancar2 aja. Dan akhirnya tanggalnya pun disetujui.. wahhh leganya minta ampun. Akhirnya bisa jalan juga ini lomba. So teman2 peserta setia BNPC CS yang masih berminat mengikuti lomba programming algoritma *misalnya si Anung, Usro gitu...*, jangan lupa ikut mendaftar ya.. walo suda lulus skripsi masi boleh ikut kok, asal belom wisuda pas 16 Juni 2007. Sepertinya pertengahan April sudah mulai bisa mendaftar.

Jangan lewatkan kesempatan terakhirmu makan snack gratis *ga gratis2 banget si :D uang pendaftaran Rp. 100rb/kelompok* sampe kenyang *ini khusus buat Anung si.. tukang abisin snack lomba..*, apalagi sekarang berkelompok, sapa tau bisa lebih baik prestasina, bisa dapet juara dapat duit :D hehehe.

So here we go again....


Labels:

 
posted by Me at 5:35 PM, |

10 Comments:

whuee.. kok berkelompok sih? daku ga bisa daftar dong kalo ga cari team :(

gimana kalo berkelompoknya sama ci yen :D
Ikuttt....

Ikuttt....

Ayo nung, kita ikut.....
Dimanapun tempatnye.. ga masalah.. yg penting ada makan2nya muahahahahaha...

request dong ci.. kali ini makanannya jgn snack aje.. tp steak, ramen, salad, seafood. biar sekalian berubah.. hehehe

@usro:
yakin sro mo ame gw? gw 5 jem lomba 1 jem coding 4 jem ngider =)) tp bole juga.. ama tempe tuh..
makan2nya kapaaaannnn? :D
@jo : aih.. saya panitia, ga boleh ikut lomba *ngeless.. hahah*

@yulius : bener tu, si Anung klo lomba seringan di luar makan, daripada coding :D tapi biar gitu kemarin bisa masuk 15 besar BiNus loh ;;)

@anung : boleh aja Nung, tapi biaya pendaptarannya 300rb ya.. hahaha :))

@23 : makan2nya pas di lomba oom, klo mau makan2 ikut lomba aja oom :D
wah, sukses buat acaranya cie, apa akan ada jalan2 ke jepang atao mana lagi? jangan lupa ajak2..hihi... maonya...
hehe.. makasi2 :D
ntar klo BNPC nya sukses, mungkin dilanjutkan dengan lomba ke Taiwan & Singapore, tapi kayanya bukan g yang pegi.. gantian.. supaya ga terjadi kecemburuan sosial :D hehehe
Saran donk... komputer2nya dipakein Linux persis seperti di regional / world final... biar seru hahaha.. (kan maunya semirip mungkin dengan regional)...

Abis itu pas peserta masuk ruangan, lagunya yang itu jangan lupa.. :P

Klo berkelompok ga dapet kelompok, cari joki boleh kan? :D

-Kurniady
@Kur : hmm untuk yang Linux.. coba kamu yang usulin ke Pak Ray, sapa tau dia bisa bantu

nah... lagunya itu.. lagu apa ya ? g blom liat videonya neh, jadi ga tau lagu apa..

joki ? asal mahasiswa terdaftar di univ yang sama ya boleh aja =))
ehm...emang kalo lomba BNPC itu compilernya bole beda2 yakk? setahu aye..Linux itu pake nya GCC ato MingW bukan Borland C Compiler ato Microsoft C Compiler...