Journey to Sakura Country (part 1)

Wednesday, March 21, 2007
Sehubungan waktu lomba di Kaohsiung, salah satu tim BiNus (YoiAC : Andoko Chandra, Felix Halim, Andrian Kurniady *maap Kur :D*) jadi juara.. jadi mereka berhak ikut lomba tingkat dunia di Tokyo. Jadilah mereka berangkat ke Tokyo, dan karena selama ini g yang ngurusin lomba dsb di Jurusan, jadilah g ikut mereka.. jalan2 d :D hehehe...

Hari Pertama - 11 Maret 2007

Janjian ketemu sama tim ketemuan di McDonald jam 18.30. Sekitar jam 18.00 g suda sampe d McDonald, sambil nunggu yang laen dateng, g beli french fries buat ngisi perut. Ga lama pada dateng, trus kita masuk untuk check in. Setelah check in, urus fiskal dll. Trus keluar bentar si Andoko mo makan dulu sama mamanya. Setelah semua beres, kita masuk untuk boarding. Abis masuk pesawat, take off, ga lama dikasi makanan. Sambil makan sambil nonton film Flushed Away, tapi uda dapet bagian belakangnya aja. Ga lama sampe ke Changi. Di Changi ga sempat ngapa2in langsung boarding untuk masuk pesawat yang ke Tokyo.

Abis masuk pesawat, mempernyaman diri *pikirnya mau bobo*, trus take off, trus dikasi makan lagi *ga jadi bobo d*. Abis makan, pengen bobo, tapi tergoda nonton film lagi. Akhirnya nonton film nya Rusel Crowe yang baru. Abis itu liat2 film yang laen ada yang menarik apa ga, eh muncul film Marie Antoinette jadi ya nonton lagi d. Abis nonton Marie Antoinette pengen bobo, eh malah pramugarinya pada bangunin orang yang bobo, sudah saatnya sarapan ternyata. Akhirnya sarapan dan ga jadi bobo sampe ke Tokyo jam 7 pagi.

Hari kedua - 12 Maret 2007


Begitu turun pesawat langsung berasa dinginnya menusuk tulang *lagi musim semi di Jepang, tapi winter di Oz masih kalah sama ini :p*. Uda siap2 pake jaket, trus syal, sarung tangan & binny uda disiapin di tas biar begitu keluar bandara langsung bisa dipake. Abis urusan imigrasi selesai, ambil bagage. Bagage di Tokyo ternyata sama seperti di negara laen, ga terlalu reseh kaya di Oz yang harus buka2 koper untuk check bagage *untung waktu di Oz dulu g menampilkan muka imut2 g, jadi petugas check bagage nya percaya ama g, and g ga harus buka2 koper di sana :D, temen g yang brangkat bareng g kena buka2 koper di bandara Sydney*

Setelah urusan selesai, waktunya keluar bandara, nyari jemputan dari ACM nya *soalnya seblom pegi ada email dari ACM yang bilang mungkin akan menyediakan jemputan*. Begitu sampe di terminal kedatangan, nyari orang yang pake papan ACM, tapi ga ketemu. Akhirnya jalan2 dulu liat2 bandaranya sambil nyari2 orang dari ACM juga. Trus liat2 mo sewa HP, soalnya HP GSM di sana ga bisa dipake. Tapi akhirnya ga jadi sewa HP karena sewa perharinya mahal. Sambil nunggu orang ACM yang ga dateng2, g putusin untuk nelp ke rumah, kasi tau orang rumah klo g da sampe dengan selamat di Tokyo. Beli kartu telp *untung pake mesin*, trus coba ikutin petunjuk untuk telp ke luar negeri *untung ada petunjuk pake tulisan latin*.

Abis telp2, trus nunggu orang ACM yang masi ga dateng2, akhirnya disimpulkan klo mreka emang ga jadi jemput. Jadi diputuskan untuk langsung ke hotel aja naek Airport Limosine. Trus g & Pak Raymond cari2 info tentang Airport Limosine *bentuknya bus gede* yang menuju ke hotel g. Ternyata perorang musti bayar 2400 Yen. Setelah beli untuk 5 orang, dikasi tau klo Airport Limosine yang ke hotel g akan berhenti di gate 13, jam 9.10. Berhubung waktu itu masi jam 8.30, kita nunggu di dalam airport sampe jam 8.45, soalnya males nunggu di luar, dingin banget.

Jam 8.45 kita keluar airport menuju gate 13. Pas keluar, wadowww.., gile bener.. 6 derajat celcius booo... duinginnnnnn. Jaket, syal, sarung tangan, binny ga epek, tetep aja kedinginan. Uda gitu Airport Limosine nya agak telat pula. Sambil nunggu ditanyain sama petugas yang jaga pake bahasa Jepang, berhubung kita ga ada yang bisa, g jawab pake bahasa Inggris, eh ternyata petugasnya ga bisa bahasa Inggris, malah ketawa2 sama petugas yang satunya. Tapi untung masih bisa dikit2 lah si petugasnya, nanyain brp banyak orang yang ikut rombongan g. Sekitar jam 9.20 an baru datang.

Di bis, sambil rekam perjalanan sambil liat2 jalanan di Jepang, bersih juga, tapi ada juga tempat yang kotor. Lama2 ngantuk juga ngeliatin jalan, jadi g sempet tidur bentaran kira2 30 menitan lah. Sekitar 1 jam 30 menit perjalanan dari bandara, akhirnya sampe juga ke hotel. Begitu sampe hotel langsung mo check in, eh ternyata ga bisa check in dulu, baru bisa check in jam 15.00 padahal pas itu masi jam 11 an gitu dan kita da cape & ngantuk semua, mikirnya sampe hotel langsung bisa tidur gitu, ternyata ga bisa.

Istirahat dulu di hotel, foto2 and duduk2 dulu sebelom akhirnya kelaparan. Berhubung hotelnya agak jauh dari kota, dan hotelnya merupakan bagian dari komplek Tokyo Disney Resort, jadi kita cari makan di kompleks situ juga. Kita cari makan ke daerah Ikspiari. Ini daerah pertokoan untuk kompleks Tokyo Disney Resort. Jadi kompleks Tokyo Disney Resort ini terdiri dari 4 tempat yaitu komplek Tokyo Bay Hotel (Hotel g termasuk salah satu di komplek ini), komplek Ikspiari (komplek pertokoan), Tokyo DisneySea (versi murahnya DisneyLand) dan Tokyo DisneyLand.



Keempat tempat ini dihubungkan dengan kereta yang melewati tempat2 tersebut secara bergantian. Untuk naik kereta itu, kita beli tiket dulu, beberapa pilihan tiket : 1 hari, 2 hari, 3 hari, 4 hari.
Karena mikirnya bakalan 1 hari jalan2 muter2 di situ kita beli yang 1 hari aja. Tiketnya bagus d, ada gambar Donald Duck nya :D. Stasiun kereta dari hotel namanya Bayside Station.

Sampe di Ikspiari, muter2 and poto2 dulu. Tapi dasar peginya ma co2 semua, yang dipoto area nya doang, bukan moto diri sendiri di area yang bagus. G pengen poto2 agak susah juga minta tolong dipotoin. Jadinya cuma ada dikit d poto2 g di beberapa area.


Trus ga lama uda pada kelaperan, akhirnya cari tempat makan. Dipilihlah tempat makan yang ga terlalu aneh, tempat makannya jual Ramen. Nah waktu di depan ada menu yang paket2 gitu. Jadi misalnya paket A ada gambar Ramen A + nasi & daging + Ocha. paket B gambar ramennya laen, tambahannya pun laen2 juga. Berhubung pada laper akhirnya pada pilih paket A yang paling banyak porsinya.

Sampe dikasir ditanya mo pesen apa, kita tunjuk menu paket A. Eh, sama kasirnya malah dikasi tunjuk menu untuk pilihan ramen. Nah, berhubung kita kan ga mau pesen ramen doang, mau yang paket, kita tunjuk lagi menu paket A, eh si kasir ngotot nyuru kita pilih ramen. Kita juga ga mo kalah ngotot nunjuk menu A. Sampe akhirnya kita ngeh, ternyata paket2 itu kita bisa pilih ramennya dari pilihan ramen yang ditunjukin si kasir. Pas sadar, malu juga si uda ngotot2an gitu hahahaha. Akhirnya urusan pesen2 makanan beres, dan waktunya makan.

Sebelom makan, makanannya dipoto dulu. Trus makan dan puas, tapi mahal oiii.. 1700 an Yen satu paket makanan. Abis makan, belanja ke supermarket sama belanja teh jepang buat oleh2. Trus sambil nunggu si Felix ke toilet, poto2 dulu di depan supermarket. Begitu Felix balik dari toilet, dia cerita klo toiletnya keren, bisa atur sebrapa banyak air untuk nyiram, tinggal pencet2 tombol.

Abis tuh, gantian g yang kebelet. Pas masuk toilet si ga bingung, enak juga, soalnya dudukannya anget :D. Pas abis pipis, bingung d mo guyurnya. liat tombol2 di sebelahnya, ga ada tulisan flush. Adanya malah gambar aneh2 gitu. Akhirnya g pencetin tuh tombol satu2, tetep aja ga ada yang nge-flush, paling keluar air dikit2 doang. Eh malah ada tombol waktu dipencet, muncul suara nge-flush, tapi airnya ga keluar juga, da gitu suara flush nya lamaaaaaa banget ga berenti2. Akhirnya karena stress ga nemu tombol flush, g tinggal aja d hahahaha... *palingan yang abis g make complain bau pesing d :D* Pas keluar sambil liat2 juga si, ada orang apa ga di luar, begitu liat ga ada orang, langsung kabur d :D

Abis itu masi jalan2 bentar di Ikspiari sambil poto2. Sekitar jam 4 an balik ke hotel, check in trus beres2 and bobo2 bentar, saat itu g ga bobo, g berendam air panas di bath tub di kamar, berhubung g sekamar sendirian. Jam 18.00 acara pembukaan dimulai. Diawali dengan tarian pembangkit semangat khas Jepang, trus disambung sambutan2 dan perkenalan tim2. Abis selesai pembukaan, *sorry salah inget, pembukaannya hari ke 4 ding :p, jadi acara ini ga ada di sini..* acara makan malam, abis itu acara registrasi. Selesai semua, acara IBM Cyber Cafe. Jadi IBM yang jadi sponsor resmi lomba, buka Cyber Cafe gratis di sana. Jadi pada bisa maen internet gratis, baik wireless maupun kabel.


Selain internet-an, hal yang menarik di Cyber Cafe ada juga pameran produk2 IBM *ada satu yang cakep ni di sini, namanya Bradley - apal kan g namanya.. cakep si :D heheh - dia bikin aplikasi pengembangan DB2 nya IBM tapi g lupa nama aplikasinya *, trus ada demo Second Life *3D Internet yang lagi dikembangin IBM*. Trus satu yang paling menarik adalah, game Dance2 Revolutioner yang kaya di Time Zone, disediain gratis di sana, sapa aja yang mau maen silakan, banyakan yang maen bule si. Di sini g terheran2 d, gila itu game kuat banget, diloncat2in ama bule2 segede bagong, tapi ga rusak juga hahahah... Berhubung g uda ga kuat, akhirnya g ijin untuk balik kamar and bobooooooooooooooooo.

Hari Ketiga - 13 Maret 2007

Bangun jam 7 an, karena bakal ada acara jam 8 an. Selama di Tokyo g bertugas jadi jam weker untuk anggota tim yang laen *ga tau aja mreka g klo di Jakarta baru bangun jam 9.30 hehhehe*. Jadinya g bangun paling pagi terus d di sana. Abis selesai mandi beres2, kumpul di kamar Felix, trus turun makan. Abis makan perut g sakit, jadi g balik ke kamar dulu dengan harapan abis itu balik lagi ke tempat makan karena masih nunggu si Andoko yang baru turun makan. Begitu selesai dengan urusan sakit perut, g balik ke tempat tadi makan, eh... uda pada ilang, mati g.. ditinggal ke mana ya.. trus g ingat tadi kayanya si Andoko ada bilang acara jam 8 di salah satu ruang. Jadi g langsung ke ruangan itu, eh pas mo masuk, ada satpam yang jaga di luar ruangannya nanyain kartu pas masuk untuk ikut acaranya, tapi g ga punya, g pikir brarti acaranya tertutup untuk tim & pelatih aja *maklum g anggota tambahan di tim g*. Berhubung g mo masuk ditolak, ya uda g balik lagi ke kamar, g pikir g bisa tidur2an di kamar.

Baru sampe kamar, tiba2 telp berdering, eh si Pak Raymond yang telp, ngomel2 nyariin g. Ternyata acaranya bukan di ruangan yang tadi g datengin, ternyata acaranya di DisneySea seharian. Waaaa... langsung turun ke bawah menuju bis yang akan membawa kita ke DisneySea. Berhubung g berpikir hari itu acaranya di hotel doang, g cuma pake kaos tangan panjang & sweater doang, ga bawa sarung tangan & binny. Sampe sana langsung ikut acaranya IBM dulu sampe sekitar jam 11 an. Kebanyakan si IBM promoin 3D Internet yang lagi dikembangin sama program SSME (Service Science, Management & Engineering). Abis itu, nah ini yang ditunggu2...acara bebas di DisneySea.

Pertama2 dateng poto2 di bawah bola dunia yang ada di bagian depan Disney Sea. Bola dunia nya keren loh, kaya seakan2 ada airnya yang menggambarkan lautan di bola dunia itu. Trus ntar sewaktu2 ada air yang muncrat dari bawah ke atas di sekitar bola dunia itu. Deket bola dunia itu ada patungnya Miki, eh sampe ngantri loh klo mo foto di situ, dan antriannya cukup panjang. Akhirnya kita poto2nya tetep di depan bola dunia tapi ga di depan patung Mikinya, agak miring dikit, soalnya malas ngantri.

Abis dari situ ke bagian laen, ke bagian penemuan2nya Miki gitu d. Di sana ada satu wahana permainan namanya "20,000 leagues under the sea". Ceritanya kita naik kapal selam menuju ke kedalaman 20,000 km dibawah permukaan laut *ini boongan, mereka bikin tempat dengan setting bawah laut, trus kapal yang kita pake, di jendelanya dikasi air dan gelembung2 udara, jadi seakan2 kita ada di bawah air, padahal ngga* trus ketemu mahluk laut aneh2, ketemu monster, eh.. ada alien, trus di satu titik kapal kita mengalami kerusakan gitu, dan akhirnya kapal kita bisa jalan lagi sambil didorong oleh alien itu. Ga bener2 di dorong sama alien, tapi pas kita liat ke tembok keliatan kaya ada bayangan alien lagi dorong kapal selam kita gitu.

Abis dari situ mo naik wahana yang namanya "Journey to the center of the Earth". Begitu sampe di wahananya liat antriannya panjangggggg banget, jadi berpikir dua kali. Trus kita liat kok ada antrian yang cepet, ternyata mreka pake tiket yang namanya fast pass. Jadi ceritanya gini klo pake fast pass. Di deket tiap wahana, ada mesin untuk ambil fast pass, ini kaya sistem antrian gitu. Jadi misalnya sekarang kita ambil fast pass, nah ntar di fast pass nya itu tertera jam brp kita harus balik untuk main. Dengan demikian kita ga harus ngantri terus2an, tinggal ambil fast pass, trus kita bisa tinggalin ke mana dulu gitu, ntar tinggal pas jam yang ditulis di fast pass itu kita balik dan bisa langsung main, klo ngantri pun ga lama2 banget.

Nah, tadinya kita mo pake fast pass juga untuk di wahana ini, eh ternyata waktu maen untuk fast pass yang mo kita ambil itu masih jam 19.30 sedangkan saat itu masih jam 1 an gitu, jadi ya ga jadi d. Akhirnya kita cari wahana lain. Kita ke wahana yang namanya "Adventure of Indiana Jones". Di wahana ini kita naek kereta yang bentuknya mobil jip gitu. Trus ntar keretanya jalan2 sambil goyang kiri kanan, trus suasananya juga dibikin sedemikian rupa sehingga cukup menegangkan. Ada tempat yang gelap, bener2 gelap banget sampe ga bisa liat apa2. Trus ada ketemu monster juga *monsternya pake 3D loh kerenn, tapi ga keliatan layar nya*. Trus yang paling tegang, kita lagi jalan gitu, di depan keliatan ada batu gede berguling, seakan2 mo ngelindas kita, nah pas waktu uda mo ngelindas kita, tiba2 mobilnya turun ke bawah, jadi ga kelindas gitu. Nah batunya ini pake 3D juga, tapi asli ga keliatan layarnya, bener2 kaya beneran.

Abis dari wahana ini, kita pergi makan, kali ini makannya ga pake berantem sama kasirnya heheehhe. Abis makan cari2 wahana lagi untuk maen2. Ada wahana yang kaya bom2 car gitu, tapi di air. jadi maen tabrak2an kapal sambil menghindari air2 mancur yang muncrat ke arah pemain, seru, tapi kita ga maen si.

Di Disney Sea banyak site bagus untuk foto, banyak patung2 Miki & Minnie, trus style view nya ala Eropa, banyakan si gaya kota Italia gitu d. Selain itu ada juga yang bergaya Timur Tengah (Aladin gitu kali ya..). Trus pengunjung di sini mereka biasanya suka beli merchandise berupa kuping2an character Disney seperti Miki, Dumbo, dll yang punya kuping.









Kebanyakan merchandise kuping2an ini berupa bando, tapi ada juga yang berupa topi dan juga jepit rambut. Selain itu ada juga penutup kuping, sarung tangan Miki sama name tag. Kebanyakan yang laku itu merchandise kuping2an. Jadi sambil maen2 di Disney, pengunjungnya sambil pake kuping2an itu. Yang aneh itu, cowo2 Jepang pake merchandise kuping2an yang bentuknya jepit rambut, klo yang bentuk bando mungkin masih wajar lah dipake cowo, tapi ini pada pake yang jepit rambut coba.. g sampe geleng2 kepala liatnya. Sayang, g ga berani ambil foto cowo yang pake jepit rambut, takut diomelin :D

Trus kita ke wahana "Storm Killer" *klo ga salah.. ga gitu inget :D*. Wahana ini mirip sama simulator yang di DuFan. Tapi bedanya di sini, lebih berasa real, karena suasananya berasa ga cuma di layar doang, di pintu2 masuknya juga dibikin suasana yang menggambarkan keadaan yang sedang terjadi, trus ceritanya kan pesawat kita masuk ke badai, trus terjadi kebocoran gitu, eh sampe air2nya masuk ke pesawatpun berasa *dicipratin air gitu*, trus selang2nya pesawat pada copot2 juga ada.


Abis dari wahana ini, jalan2 lagi, dan akhirnya diputuskan untuk ngantri di wahana "Journey to the center of the earth" waduh ini ngantri paling lama, tapi kita ga keberatan si, soalnya selama ngantri, jadi ga kedinginan, soalnya keadaan di luar sudah mulai duinginn lagi. Wahana ini paling seru, mirip sama "Jeram Niagara" di DuFan. Bedanya, sebelom kita diluncurin yang ke bawaha itu, kita dibawa muter2 dulu juga, lewat tempat2 penemuan kristal2 di bawah bumi, trus ada ketemu monster juga, trus ga lama tiba2 suasa gelap gulita, dan jalanan naek gitu. Dan setelah itu tiba2..... weeeeeeeeeeeeeezzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz... turun dengan cepat dan curamnya.. *berasa terbang d*.. trus abis selesai wessss itu keretanya masih jalan sekitar 20 detikan.

Abis dari wahana ini sempat nonton pertunjukan Disney dulu tapi dapet uda pas terakhirnya doang, tapi gpp d, masih sempat liat Donald nya nongol :D hehehe, dan karena sudah cape dan kedinginan *gara2 salah kostum :(* adventure kita di Disney Sea pun berakhir, sebelom pulang ke hotel kita pergi makan dulu di tempat makan ramen yang kemarin di Ikspiari, karena sudah tau, jadi ga ngotot2an juga. Abis makan, pulang, sampe hotel g berendam lagi... enaakkkkk... baru abis itu mandi, trus bobo...

bersambung ke hari ke 4 & 5

Labels:

 
posted by Me at 6:47 PM, |

15 Comments:

Wah senangnya :). Ketemu Joni Jepang ga Ci? :)
wow...asyiknya yg jalan2 :D
g aja blm ke disney sea neh :p

makanya kalo ga ngerti jgn ngotot sama pelayannya =))
Waaaaaaaaaaahhh... Sughoiiii :))

Kerenn kerennn.. itu Ramen.. haduhhhwwww...

eh ci.. koq ga ada poto cewe jepun-nya? :">
waaaaaaaaaaah... kereeeeeeeeeeen bisa ke jepaaaaaaaaaanggg... mawuuuuuuuuu.... hihihi...

gile, jepang keliatannya keren abis ya. waktu gw ke india, gw boleh bangga cerita soal jakarta yg jauh lebih maju. coba klo gw ke jepang, laen lagi kali ceritanya ya... hihihi...
huhuhu asikna ke jepangg... saya jg mau cieeelll....:D
waaa...manthapppp... tapi konon mahal² yak = ='
Wah ci..kok ga ada foto Bradleynya :p hehehe..dipublish juga dunk hihihi..mana tau sometime dia browsing, eh ketemu foto dia di blog orang, trus kenalan d =))
ayo ayo..lanjuttt to the next part ^^ (seru liat pengalaman di negeri orang)
nah, akhirnya ada juga yg nulis write-up ttg trip ke icpc jepang. ntar minta foto-fotonya ya :-D

asik nih, ditunggu cerita untuk hari berikutnya :-) anyway, welcome back!

p.s.
......pipis ga sirem :-o ...turut berduka u/ yg berikutnya make toilet itu :P
@hatjie : ga ketemu.. jpn sombong si ga mo ke tokyo.. ya kan jpn.. huuu..

@joni jpn : *ngomongin orang di depan orangnya hahahah*..

ya maap klo ngotot, abis tu kasir juga ngotot si.. hahahah..

@anung : tenang.. foto cewe jepun menyusul di cerita berikutnya.. ok ;;)

@susi : wahhh.. dikau sudah kembali dari honymoon ?

g juga pengen neh ke sana lagi heheh.. yok bareng2..

@epi : mo ikut pi ?? ;;)

@martha : tenang2.. bradley ntar dipost kok potonya.. tunggu post berikutnya..

@su : kayanya si felix juga mo nulis write up tuh.. kemarin da nanya2 bahasa inggris gitu..

ya maapp.. abis ga tau tombol flush nya si :D hehehe
aaaaaaaaaaa....akuh ngiiirrrriiii....
si Tan kalo akuh critain pasti deh mupeng abis, dia kan pengen bgt ke jepang tuu...huuhuhu maauuu
@cc Nat : hehehe.. bloggers gathering di Jepang aja gimana ? kemarin tiket SQ klo ber4 dapet murah PP USD700/orang
huhuhu tiketnya kebeli ntar disana ngegembel :D
Huaaaa... Cc ke jepang ga ngajak2. Saya mau ikut...
Mau ke Akihabara...
Mau masuk ke Maid Cafe....
Mau ketemu seiyuu2
Mau denger Yui Makino Nyanyi...
Mau bawa pulang cewe cakep jepang 1...
HUAAaaaaa.....
@cc Nat : ntar ngamen rame2 aja di sana :D hehehe

@Yulius : ahahahaha... ya maap d.. tuh ada oleh2 poto cewe2 jepang :D
asikna yah.. salam kenal, kayanya dulu sering liat ama epi, tapi mungkin blom pernah kenalan. :P

Btw tuh tiket mahal juga yah walo sudah berempat? Garuda 640 tuh return 14 days, yg students lebih murah lagi dhe.
@sakuralady : salam kenal juga :D

iya, Garuda lebih murah, waktu itu ada promo klo pp ber5 perorangnya kena USD 450an gitu..