Journey to Sakura Country (part 2)

Thursday, March 22, 2007
Hari ke 4 - 14 Maret 2007

Pagi-pagi bangun jam 7.30, telpon in semua orang untuk ngebangunin. Abis ngebangunin orang, berdasar pengalaman yang lalu2, g bobo lagi 15 menit, baru abis itu g mandi, siap2 and menuju ke kamar Felix (tempat ngumpul). Gitu aja g masih paling awal selesainya *padahal yang laen cowo2 smua, g kok paling cepet ya T_T*. Sekitar jam 8.30 makan pagi, menu breakfast yang paling favorit buat g adalah Grilled Salmon.. nyammm.. Abis makan, Opening Ceremony *nah, sekarang baru opening ceremony*. Dibuka dengan tarian pembangkit semangat ala Jepun *beberapa cowo & cewe nari2, lompat kiri kanan ga jelas, trus teriak2 ga jelas juga*.

Oya, ada cerita pas Opening Ceremony, gini ceritanya begitu masuk ruangan opening ceremony, para anggota tim lomba duduknya langsung di area lomba, pembinanya juga ikutan duduk di sana. Sedang para penonton *termasuk g* duduk di area penonton bersama para tamu undangan & panitia lainnya. Waktu pertama kali masuk, g cari area duduk yang paling pas untuk shooting tim dari BiNus, di baris paling depan, paling ujung. Waktu g dateng ke tempat duduk itu masih kosong. Ga lama, ada beberapa bule datang duduk di sebelah g sebelahnya lagi *ada 1 kursi kosong antara g & bule*.

Ga lama muncul lagi 2 orang bule yang ternyata temennya bule yang tadi, mreka ambil dudukan antara g & bule. Nah berhubung dudukan kosongnya cuma 1, yang 1 lagi ga dapet dudukan trus dia ngomong gini "So, there's no seat left for me then." Nah, g cuek aja dong, orang g yang duduk situ duluan. Akhirnya bule yang ga dapet tempat duduk itu, lesehan di lantai sebelah kursi g. G masih cuek aja dan menjalankan tugas g. Selama shooting agak kerepotan sama tripod nya, karena g da lama ga pegang tripod, lupa knop2 yang harus diputer untuk gerakin kameranya. Jadi kadang2 kameranya ada yang g gerakin secara paksa gitu d :D hehehe.. eh bule2 sebelah g pada cengar cengir.. ga tau ketawain g ato ngga, cuek lahhhh.

Hal tersebut berlangsung sampe akhir acara, di mana orang2 yang jadi panitia & volunteer diperkenalkan satu persatu. Secara bergantian, orang2 yang ada di deretan g pada berdiri waktu diperkenalkan, g masih santai shooting in panitianya juga. Trus tiba2 diperkenalkan volunteer dari ACM Headquarter, tau ga... bule2 yang di sebelah g & yang lesehan pada berdiri sambil cengar cengir gitu.. Doeeennngggg... alamak, apa g salah duduk ya.. soalnya dibarisan itu ternyata panitia & volunteer semua :D hahahaha.. uda gitu g dengan cueknya membiarkan satu orang volunteer lesehan di lantai sepanjang acara.. ya maapppp.. Pas selesai acara, langsung g lihat ke belakang kursi yang g dudukin, apakah ada tulisan khusus panitia nya apa ga.. dan ternyataaa..... TIDAK ADA.. hahah yesss... g ga salah.. tapi da terlanjur merasa ga enak ama tuh bule.

Abis itu, acara dilanjutkan dengan Practice Session I. Di acara ini tim peserta nyobain aplikasi lomba, sambil membiasakan diri dengan peraturan & tata cara lomba. Trus jurinya juga kasi kesempatan tim untuk bertanya sebanyak2nya mengenai peraturan & tata cara lomba, yang nanti akan dijawab pas Practice Session II. Sekalian dikasi liat live scoreboard yang nanti bakalan dipake pas lomba. Wisss.. minder d ama live scoreboardnya.. mantap booo.. bisa ga ya ntar pas BNPC dibikin begitu..


Practice Session I selesai, dilanjutkan Practice Session II. Di Practice Session II, juri menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh tim di Practice Session I. Juri memastikan ga ada masalah ambiguity pada soal, jadi dia bilang pas lomba jangan buang waktu nanyain masalah ambiguity karena ga akan dijawab sama juri. Akhir Practice Session II tim lomba diminta untuk meninggalkan team notebook di meja untuk diperiksa oleh juri.

Abis Practice Session II, acara free time activity. Nah, pas di free time activity ini ceritanya mo kasih kesempatan peserta lomba & penonton untuk mengenal lebih dekat kebudayaan Jepang. Ada beberapa kelas yang dibuka, diantaranya : Origami, Caligraphy, Aikido, Meditasi and Animasi. Peserta & penonton bebas untuk milih mo ikut kelas yang mana. G ikut kelas Origami & Animasi. Tadinya uda ga mau ikut, tapi pikir2 mo di shoot aja ah buat oleh2 ke BiNus. Jadi g dateng ke kelas Origami, begitu sampe.. eh liat ada oneechan2 cantik pake kimono lagi bantu2 peserta di kelas Origami. Jadi tertarik, akhirnya minta poto sama mereka. eh si Pak Raymond juga mau poto sama oneechan2 nya, jadi kita poto2 sama oneechan d.

Tapi masa g potonya ama yang cewe aja.. eh.. ada yang cowo pake kimono juga, minta poto ahhh.. hihihi.. jadi poto d ama cowo Jepang :D. Abis poto, sempat basa basi dikit sama cowo Jepang nya, tanya2 asal dari mana trus dia bilang pernah ke Singapore & Bangkok, trus dia nanya Indonesia deket sama yang mana, g bilang aja deket sama Singapore. Trus abis puas poto2, baru g ikut kelas Origaminya. Diajarin *yang ngajarin obachan2* bikin burung2an, sama gunung Fuji.. Yang burung2an si, g bisa.. tapi yang gunung Fuji, tadinya bingung gimana bikinnya, setelah diajarin baru tau ternyata gampang banget.. hehehe..

Abis itu ke kelas Animasi, kirain mo pamerin animasi yang gimana gitu, tapi ternyata tidak semenarik yang g duga. Yang bawain kurang pinter ngomong, walo dia termasuk salah satu tim yang ikut bikin film Pokemon. Saking bosennya, beberapa orang terlihat mengantuk. Begitu dia bilang thank you, langsung kabur ke kamar, berendam & mandi, ganti baju, trus makan malam. Abis makan malam ga ada acara lagi, tinggal IBM Cyber Cafe aja. Pas ini g sempat maen internet bentar, cek2 email, kasi tugas off class di BiNus Maya *hehehe.. teteppp...* sama chatting bentar ma Joni Jpn, tanya2 tempat untuk jalan2 di Tokyo. Trus sempet nonton bule2 maen Dance2 Revolutioner lagi.. Bule2 maennya lucu2 dah, kaku banget and pas nginjek panahnya tu bener2 diinjek dengan kuat and kadang2 lompat2 juga di situ and g masih ter-amaze2 dengan itu mesin game.. kuat banget ya... Abis itu.. bobo d....

Hari ke 5 - 15 Maret 2007

Hari perlombaan, jam 6 sudah bangun and bangunin yang laen, jam 7 turun untuk sarapan *Grilled Salmon lagiiii... nyammm*. Selesai sarapan masuk ruangan lomba, pasang2 kamera & cari tempat duduk yang nyaman.. Kali ini ga mo di depan, takut salah duduk lagi. Sekitar jam 7.45 pesertanya masuk ruangan, trus duduk di tempat masing2, briefing dikit dari jurinya dan jam 8 teng, lomba dimulai. Ada 10 soal yang harus dikerjakan oleh peserta. Awal2 masih kalem2, baca soal, ketik2.. g mulai bekerja shooting tim BiNus, Andoko & Andrian diskusi, Felix yang coding.

Menit 13, Warsaw University, solved 1 soal, soal B, balon pertama untuk Warsaw University *klo solved 1 soal, dapet balon*. Itu adalah solved soal paling cepat dari semua soal dan dari seluruh tim pada lomba kali ini. Lalu disusul dengan beberapa university lain ikutan solved soal B. Sekitar menit 24 tim BiNus solved soal B juga. Posisi BiNus ada di rank 4. Oya, klo solved soal selain dapat balon, foto timnya dimunculin di layar gede gitu.. g sibuk shootingin itu layar pas foto tim BiNus muncul.

Trus banyak tim juga mulai solved soal B, balon warna item memenuhi ruangan. Sementara banyak tim mulai solved soal2 yang laen juga *balon mulai berwarna warni*, tapi balonnya tim BiNus masih blom nambah2 lagi, g liat mreka masi diskusi. Sementara rank nya terus turun dari rank 4, ke rank 9, rank 15, rank 20 sampe akhirnya uda beberapa lama masih ga solved, submit soal A salah ampe 3 kali, submit soal G salah juga.

Sampe sudah posisinya rank 70, kalah sama Nanyang, Nanyang uda solved 2 soal (soal B & A). Padahal awal2 Nanyang agak kesulitan tuh dan sempat lama ada di bawah BiNus, eh malah gantian sekarang. Oya, cerita dikit, tim dari Nanyang Technological University ini ternyata isinya orang Indonesia semua :D. Jadi di lomba itu ada 2 wakil Indonesia secara ga langsung.

Ini hati udah deg2an aja klo mreka ga solved2 lagi, soalnya waktu uda tinggal sekitar 2 jam kurang. Tim2 lain uda mulai emosi, ada yang sampe tereak "YEESSSSS" kenceng banget pas solved 1 soal. Trus ga lama ada lagi yang tereak "YESSS" lagi, kali ini tim dari Buenos Aires. Trus ada lagi dari kursi penonton yang peluk2an klo timnya solved 1 soal.


Menit 220 sekian si Andrian ke WC, dan di papan score board muncul "Bina Nusantara University has solved problem A", "YESSSSSSSSSSSSSSSSSSS..." dalam hati g mengucapkan kata2 itu.. ga berani kenceng2.. ntar pada bingung, kok yang Yes dari arah penonton :D hehehe.. Ga lama si Felix ke WC, brarti mreka da selesain 1 soal lagi, dan bener aja, di layar terpampang lagi muka mereka, sudah menyelesaikan soal G. Wah.. seneng banget g, karena brarti ada peningkatan dari tim BiNus yang terakhir ikut World Final (cuma solved 2). G berharap mereka bisa solved 1 lagi, karena waktu masih 1 jam.

Sementara di peringkat atas terjadi kejar2an seru antara Tsinghua University dan Warsaw University memperebutkan tempat pertama dan kedua, sama2 sudah solved 7 soal. Selama nungguin lomba, kan g sambil shooting2 tuh, shooting in tim BiNus, klo dapat balon ato dipampang di layar fotonya. Nah selama nunggu mreka blom dapet balon lagi, g shooting in juga tuh anggota2 tim dari university2 lain yang menurut g cakep2.. hahaha.. lumayan buat oleh2.. hahahah :)) daripada ga ada kerjaan and bengong.. kan mending g menghibur diri.. ya tak ;))

1 jam sebelom lomba berakhir, scoreboard ga diupdate lagi, cuma dikasi tunjuk klo ada yang submit, cuma ga dikasi tau submitnya itu bener apa salah. Terlihat di scoreboard Tsinghua University submit 1 soal lagi, ga lama Warsaw juga submit 1 soal lagi. Tapi BiNus kok ga submit2 lagi ya.. apakah mereka suda menyerah ? tapi g liat si Felix masih coding, si Andoko & Andrian masih diskusi, harusnya mereka blom menyerah. G maunya mereka solved soal yang balonnya warna orange ato ungu gitu kan biar bagus, abis saat itu mreka dapet balonnya warna item, ijo sama biru. Shanghai Jiao Tong University yang dikalahkan mereka waktu di Taiwan uda dapet 6 balon. Tiap ada balon lewat, g berharap balon untuk BiNus tapi kok selalu blom sampe lorongnya tim BiNus uda belok. Klo ga klo sampe lorongnya tim BiNus, blom sampe barisnya, uda berenti. Dan akhirnya selesailah lomba pada jam 13.30 tepat.

Penonton berhamburan ke meja peserta, pada nanya2 gimana tadi lombanya, kasih selamat yang merasa sudah pasti dapat medali. G ikutan maju ke meja tim BiNus, tanya2 dan kasi selamat juga mreka sudah selesai da berhasil solved 3 *yang menurut g udah cukup bagus*. Ternyata Felix cukup kecewa, karena merasa harusnya klo mereka ga banyak bikin salah sendiri, bisa solved sekitar 5 soal. Tapi ya sudahlah, yang penting sudah selesai.. saatnya bersenang2. And g sempat nyolong balon warna orange, yang mana kesalahan besar, karena ternyata itu balon ga ada yang dapet, jadi ketauan banget g nyolongnya hahaha :)). Oya, ketemu sama 2 orang indo lagi di sini - suami istri-, suaminya suka ikut lomba2 gini, jadi mreka minta ijin ke panitia untuk ikut nonton dan dikasi.

Abis lomba, makan siang dulu, tapi ga puas.. masih lapar.. makan2 sambil ngobrol2 sama tim dari Nanyang juga, yang cuma solved 2 soal, mreka stress & kecewa juga si. Ngobrol2 juga sama suami istri orang indo yang baru ketemu, ternyata kenalannya Felix sama tim dari Nanyang. Sementara yang cowo2 ngomongin soal2 lomba, g ngobrol sama istrinya tentang tempat2 untuk belanja di Tokyo hehehe.. Abis tuh suami istri and yang dari Nanyang mo jalan ke Akihabara, kita diajak si, tapi karena waktunya mepet sama pengumuman jadi ya kita ga ikut.

Selagi ngobrol2 nunggu pengumuman, eh ketemu orang indo lagi yang sudah 10 taon di Jepang *orang Padang, tapi cara ngomongnya uda kaya orang Jepang ngomong indo, uda kaku gitu d...* Dia kerja di research nya IBM, trus kita nanya2 tentang Jepang & IBM ke dia. Pas lagi ngobrol eh bosnya dia yang jadi ketua panitia lombanya lewat, kita di sapa, trus dikenalin juga, lumayan dapat kartu nama bos research IBM nya Jepang. Abis tuh, balik kamar, mandi2 sambil nunggu waktunya pengumuman.

Jam 18.00 masuk ke ruang lomba lagi yang sudah disulap sedemikian rupa jadi ruangan biasa lagi. Saatnya pengumuman pemenang. Ya kita si suda tau uda pasti ga masuk lah 10 besar ato dapat medali, ato jadi best asian team, orang posisi terakhir aja rank 49. Tapi tetep semangat untuk liat penyerahan medalinya, karena penasaran sama pemenangnya, antara Tsinghua sama Warsaw. Akhirnya diumumin satu2. Dan akhirnya pemenangnya adalahhhhhhh WARSAW UNIVERSITY, ternyata mreka bisa solved 8 soal, jadi pas 1 jam terakhir mreka nambah 1 solved soal, sedangkan Tsinghua walo submit tapi ternyata yang disubmit salah, jadi mreka tetep cuma solved 7 soal. Dengan demikian Warsaw University is the 2007 ACM/ICPC World Final Champion. Trus setelah difoto2 bersama Miss Sakura 2007, acara awarding selesai, waktunya makan malam dan kita disuru balik lagi ke ruangan itu jam 8.30.

Nah... pas makan malam ada acara karaokenya. Jadi makan di tempat karaoke. Tadinya pada malu2 mo karaoke, sampe akhirnya tim dari salah satu university di USA maju untuk menjadi yang pertama. Cukup bagus juga suaranya, nyanyi lagunya The Beatles. Abis gitu pada gantian d maju, ga peduli suara bagus apa jelek, maju aja nyanyi.. intinya seneng2 d, ampe buku karaokenya jadi rebuta. Ga ketinggalan timnya Nanyang juga ada yang ikut maju nyanyi.

Ternyata si Bradley *orang IBM yang g bilang cakep itu... hihihi* dia sama temennya dari IBM juga maju nyanyi.. waaa kesempatan bagus, dari kemarin mo motret dia, ga ada waktu yang tepat, akhirnya bisa motret dia juga pas lagi nyanyi.. hahaha.. G pikir ni orang kalem2 gitu, eh.. ternyata pd juga waktu nyanyi hahaha... gpp d cakep ini :D Abis si Bradley nyanyi, beberapa gabungan tim dari university2 USA nyanyi lagu YMCA sambil pake gaya, jadilah seluruh ruangan nyanyi sambil pake gayanya YMCA.

Abis itu giliran Direktur ICPC nya yang didaulat untuk nyanyi. Ga terasa waktu sudah menunjukkan pukul 8.30, dan kita diminta untuk kembali ke ruangan lomba lagi untuk acara Celebration.


Dasar perut jelek, pas uda waktunya Celebration, malah sakit perut, jadilah g ke wc dulu and missed the first part of the Celebration, yaitu tarian pake bedug ala Jepang >:p wek... Pas g masuk uda mulai acara yang lain, yaitu acara pertunjukan dari grup entertainer. Pertama ada orang yang tangannya cepet banget buat nyopet, sambil salaman dia bisa ambil jam tangan, ambil dompet sambil mengalihkan perhatian. Beberapa orang panitia dikerjain sama dia, dan terakhirnya dia nyopot underwear nya salah satu juri :D hehehe lucu juga. Abis itu ada pertunjukan akrobat cina, trus ada mentalist kaya Deddy Corbuzier gitu, trus pemain juggle. Pemain juggle nya cukup lucu juga, bisa sambil ngelawak.

Abis semua pertunjukan selesai, maka selesai pula celebrationnya. Masih ada waktu buat liat2 pameran kebudayaan Jepang yang digelar di koridornya and bisa poto2 di patung orang Jepang pake muka kita gitu. Abis itu uda ga ada acara lagi dan waktunya tidur... besok harus angkat kaki dari hotel ini.

Bersambung ke hari 6 - 8

Labels:

 
posted by Me at 6:18 PM, |

9 Comments:

huwaaaaa.. cewe jepunnnnnn,... =P~

Mantap binussss!!! untung bukan anung yg ikut team binus yah dulu.. klo iye.. boro2 world final.. ke taiwan aje kaga =))
ciell poto terakhir, td liat sekilas kirain ciel make kimono beneran =)) bertumpuk2 gt jd gendut kekekekek
waaa... cewe jepang pake kimono...
Bagi fotonyaa...
Minta fotonyaa....
Minta cewenyaa.....
(Loh?..
@Anung : haiss.. sapa tau Anung berhasil sampe Jepun.. Anung si ga mo ikut pelatihannya heheheh :D

@Epi : hehehe.. lucu ya.. itu potonya musti naek2 dulu, klo ga mukanya ga nyampe di lubangnya :))
@yulius : Mo poto cewe pake kimono yang mana ne ? yang betiga, apa yang paling bawah ?? :D heheheh
ke jepang fully covered? mauuu..!!!
dari dulu pingin kesana deh tapi mahal pisan semua2 disana ya..
@23 : wah si Oom, ke mana aja ?

ga fully covered kok Oom, jalan2, beli oleh2, sama extent 2 harinya bayar sendiri.
oo!! hebat juga deh binus, gimana pun harus bangga sbg keluaran binus, hihi.
iya bener kata epi, ceemot kok jadi gendut di foto? =))
@jpn : hehehe.. coba klo jpn yang ikut lomba.. bisa menang kali :D hehehe

hihihi.. gendutnya cuma fatamorgana.. :))