Hati Hati Gunakan Mulutmu

Monday, April 16, 2007
Jadi ingat lagu sekolah minggu yang ini.

Hati hati gunakan tanganmu
Hati hati gunakan tanganmu
Allah Bapa di Surga
Melihat ke bawah
Hati hati gunakan tanganmu


hehe.. post kali ini ga ada hubungannya ma tangan dan surga. Seperti judul di atas, post kali ini lebih berhubungan sama mulut, lebih tepatnya "kata-kata".

Sebagai orang dewasa *aih dewasa nekk..* sering kali kita ga bisa menghindari percakapan dengan anak kecil. Entah itu untuk memberi nasihat, menjawab pertanyaan dari dia, atau sekedar untuk nakut2in aja, supaya si anak kecil mau patuh sama kita. Masalahnya kadang-kadang kita menganggap anak kecil itu akan take our words for granted, seperti pada masa2 kita sebagai anak kecil. Terima aja dan percaya aja sama omongan orang dewasa. Sering dari kita berpikir "ah.. anak kecil ini.. diboongin juga ga tau.."

Sehingga kadang orang dewasa suka asal ngomong untuk menjawab pertanyaan anak kecil, tanpa berpikir bahwa anak kecil akan terus bertanya jika kata2 yang didengar tidak bisa diterima dengan akal pemikiran dia. Kadang ada yang memberikan nasihat yang maksudnya baik, tapi karena salah menggunakan kata-kata malah akhirnya jadi bumerang buat kita. Kadang juga ada yang bermaksud nakut2in supaya si anak kecil ga melakukan sesuatu, tapi tak berhasil memberi gambaran pada anak kecil tersebut sebesar apa resiko yang harus dia tanggung jika melakukan sesuatu itu.

Namun kita sebagai orang dewasa kadang lupa, bahwa anak kecil sekarang beda dengan anak kecil waktu kita masi kecil. Dulu waktu kita kecil, mungkin dibilangin hal-hal yang anehpun masih bisa terima aja. Ga berani ngelawan kata-kata orang tua. Klo orang tua da bilang A ya A, ga berani jawab klo B emang kenapa. Sekarang anak kecil sudah semakin cerdas dan kritis. Brani jawab, brani tanya, brani mengutarakan pendapat.

Berikut contoh obrolan yang melibatkan anak kecil & orang tua.

Kejadian 1
Sedang di dalam mobil dari Jakarta menuju Bekasi.
Mama g : Ken, nanti klo sudah besar jadi orang yang pinter ya. Klo orang pinter itu ntar bisa beli mobil. Klo orang bodo, cuma bisa beli permen. Makanya Kenny yang rajin belajar, biar jadi orang pinter, biar bisa beli mobil.
Kenny : Tapi tadi ema kasi Kenny permen...
Mama g : (mencoba berkelit) Tapi kan ema ga beli permennya, ema kan jualan sendiri..

Kejadian 2
Sedang di suatu pusat perbelanjaan di Bekasi.
Kenny : Pa.. ntar beliin mainan ya..
Papa Kenny : Mending ntar main di Amazon (semacam Timezone) aja Ken..
Kenny : Tapi mau beli mainan juga Pa..
Papa Kenny : Nih tonjok klo mo dua2nya..
Kenny : Ya uda Pa.. tonjok aja.. biar dapet dua2nya..
Papa Kenny : ????


Masih banyak obrolan lain yang melibatkan orang dewasa dan anak kecil, yang akhirnya malah membuat orang dewasa yang terbengong-bengong pada kata-kata terakhir si anak kecil. Walaupun banyak juga orang dewasa yang berhasil menyampaikan maksudnya dengan baik juga.

Dari sana g berpikir, bagaimana ya klo g yang punya anak, mampu ga ya g menyampaikan maksud baik g ke anak2 g nantinya. Gimana ya caranya supaya anak2 g bisa menerima kata-kata g dengan baik. Mungkin ga ya g menjaga kata-kata g di rumah, supaya kata-kata g di rumah nantinya ga jadi bumerang buat g di luar rumah melalui anak-anak g.

*Aduh kok jadi kesannya g pengen punya anak ya.. padahal maksud hati cuma mo nge-post kata2 Kenny doang.. aihhh..T_T*

Labels:

 
posted by Me at 10:07 AM, |

13 Comments:

Emang anak2 jaman skrg beda banget sama jaman dulu ci. Keponakan aku masih smp cewenya ada 3 dan masih pengen nambah lagi. ckckckckck...
Semoga itu tanda tanda perbaikan generasi :D

*Keponakan anung belom masuk TK tapi uda tau kalo pesawat terbang pake mesin. :D
@felix : hehehe.. si Kenny dulu baru 5 taon uda mikirin ntar klo nikah gimana :))

@anung : semakin kritis emang semakin bagus si, tapi semakin berbahaya juga..
Selain percakapan dgn orang dewsa, visualisasi anak juga bisa jadi berbahaya cth. percakapan maupun tindakan orang dewasa yg kasar atau tontonan tv.
Gua juga pernah kepikiran gimana yah ntar cara yg pas buat mendidik anak - one day. :D
Kayanya harus lebih update ama zaman, jadi nyemplung ke lingkungan sang anak, jadi mamanya ntar masih bisa gaul gitu ama temen2nya, terus perkaya diri baca buku buat mendidik anak. :D
betul.. betul... setidaknya klo kita nyemplung bisa tau ya anak kita ngapain aja.. jadi ga salah ambil tindakan..
hah??kenny da mikir tar nikah gmn? buseett anak jaman skrg :|
anak kecil jaman sekarang makin banyak godaan. klo ortu gak pinter2 jagain, bisa terjerumus tuh.
pas bener topiknya.. baru kmrn senin gw outreach sama temen2 komsel ke anak jalanan di daan mogot. anak2nya yang biasa ngamen di perempatan2 jalan. sekitar 70 orang. ternyata mereka pinter2 lho dan ngga sulit diatur (ada si yang bandeeel pisan!). malah keliatannya lebih kreatif juga, pas disuru bikin jingle dan nyanyi2 di depan kelas juga mereka ngga malu2. padahal idup mereka keras banget dan dari kecil udah dibuang sama ortunya.
@epi : iya.. waktu itu kayanya pernah cerita d, yang waktu cc ku lagi beresin perhiasannya, trus Kenny liat, trus dia bilang "Ma, jangan dijual ya.. ntar buat kasi istriku aja.."

@susi : betul betul.. yang mo jadi ortu musti siap2 mental & batin :D

@23 : wah.. kadang2 pengen juga tuh ikut kegiatan kaya gitu.. kayanya seru klo bareng2, tapi klo sendirian serem :D heheh..
kenny itu sapa? ponakan ya mot?
btw ntar gw punya anak tatut nih didiknya kekeke...
kritis2 anak jaman skrg...

perasaan dulu gue cupu bgt pas masi jaman anak2...

btw skin blogna kereen niii...
iya ce, Kenny itu ponakan aku, anaknya cc aku.

nah.. mulai sekarang musti banyak baca2 buku cara mendidik anak ce..

iya dulu kita cupu banget ya, dibilang ini itu sama bokap nyokap, iya aja, ga berani bantah..

hehehe.. iya ce, cinta pada pandangan pertama waktu liat di pannasmontata..
huehuehue...

anak sekarang mah gara2 kebanyakan nonton tipii.. dirumah..

mirip kejadian smackdown, anak kecil nonton the Rock(karakter di smackdown).

abis teriak "Whatt...The Roock.. Is Cooking..." temennya langsung ditiban, sampe rusuknya patah.. trus meninggal :-o.

hayoo yg mau punya anak makanya suru nontonnya film Jimmy neutron aja biar pinter ntar dia niru si Jimmy, jgn disuru nonton smackdown...hehehe...

yg punya sumur dirumah jgn kasih nonton teletubbies, kalo teletubbies pas abis nya kan nyemplung tu ke sumur, ntar anaknya ikutin lagi dia nyemplung ke sumur pengen ketemu teletubbies... =P
ahahaha.. betul juga ya.. teletubbies terakhirnya nyemplung gitu..

dadah pooooo... :))