Mo Ke ATM BINUS ??

Thursday, December 06, 2007
Kemarin dapet link suara pembaca detik tentang complain alumni yang ga boleh masuk kampus BINUS buat ambil duit di ATM di kampus syahdan, gara2 make sendal. Pas dikasi tau ada link ini, tadinya g mikir, ah.. gitu aja kok diributin, sampe pake bikin surat pembaca segala. Tapi setelah baca, ada 1 hal yang g setuju sama protesnya dia.

Bukan tentang yang mo ke ATM adalah nasabah bank sehingga harus dibebaskan dari peraturan tentang tak bersendal masuk kampus karena ga ada peraturan bank untuk harus pake sepatu klo mo ke ATM, yang g setuju. Klo untuk yang ini, g tetep ga setuju. Karena peraturan BINUS jelas, ga boleh pake sendal masuk ke kampus BINUS. Dan karena ATM itu ada di dalam kampus, ya harus ikutin peraturan kampus. Jadi ya, ga peduli mo ngapain di kampus, ya selama mo masuk kampus, harus tak bersendal.

Sama aja kaya klo mo ambil duit di ATM TA. Kita harus ikutin rule nya TA, yaitu ada jam buka dan jam tutup TA yang harus diikuti. Ga mungkinkan, pas kita lagi kepepet banget, kita lagi di deket TA, tapi jam 4 pagi, kita maksa2 orang / petugas di TA untuk buka TA hanya supaya kita bisa masuk ke dalam dan ambil duit di ATM TA.

Contoh lain klo kita mo masuk ke suatu negara asing karena kita mo kunjungan ke KBRI kita di sana, kita harus ikutin peraturan dan hukum di negara itu selama kita belom sampe ke KBRI kita, walo kita bukan warga negara itu. Baru saat kita masuk ke KBRI di negara itu, peraturan negara kita yang berlaku. Ga mungkinkan saat di bandara negara itu, dia mo periksa isi tas kita, kita bilang "saya cuma mo ke KBRI aja kok, ga mo ke mana2 lagi setelah itu, langsung balik Indo lagi.. jadi ga usa periksa isi tas saya..." bisa2 langsung dideportasi kita.

Yang g setuju sama protesnya dia adalah, masalah Protekom yang membolehkan karyawan BINUS yang bersendal untuk masuk. Nah.. ini g setuju banget. Soalnya di sini Protekom menggunakan standar ganda dan tidak mentaati perintah yang dia dapat. Jelas peraturannya bahwa ga boleh ada yang masuk kampus klo bersendal, ntah itu mahasiswa kek, alumni kek, karyawan kek, penduduk sekitar kek, tetep ga boleh masuk. Tapi berhubung yang mau masuk dan pake sendal itu karyawan, ntah karena dia kenal apa ga, jadi dibolehin masuk.

Dulu g juga sering melakukan itu, masuk kampus pake sendal, mohon2 sama Protekom supaya dikasi masuk. Tadinya Protekom ga mo kasi masuk si *uda ganti baju bebas, jadi ga ketauan klo karyawan*, eh.. tiba2 g liat beberapa sopir BINUS yang g kenal, tus g sambil mohon2 sama Protekom sambil ngobrol sama mereka, eh.. akhirnya dikasi ijin juga sama Protekom untuk masuk ambil duit di ATM.

Karena hal itu dulu g berpikir, ah Protekom rese bener si.. kan cuma mo ke ATM masa ga boleh si, masa harus ganti sepatu dulu si baru boleh masuk kampus. Tapi setelah itu, g sadar, sebenernya bukan Protekomnya yang rese klo dia melarang orang masuk pake sendal, karena emang peraturannya gitu dan dia hanya menjalankan tugas aja.

Dan sebagai karyawan, harusnya bisa memberikan contoh kepada yang bukan karyawan. Istilahnya yang punya rumah, yang tau aturan di rumah itu, patuhi dong peraturan di rumah sendiri, jadi orang laen yang bertamu juga bisa punya rasa segan dan berusaha mematuhi peraturan rumah itu juga. Jangan malah bikin runyam peraturan sendiri, akibatnya orang laen yang mo bertamu juga jadi mempertanyakan peraturan itu sendiri.

Kemarin sempat ngobrol2 sama Protekom tentang hal ini. Sebenernya mereka juga maunya negor ke karyawan yang pake sendal, cuma mereka segan dan ga enak aja. Sehingga akhirnya mereka bolehin para karyawan itu untuk masuk walopun pake sendal. G sih kasi saran ke mereka untuk laporin aja itu karyawan2 bandel ke manager2nya. Biar para manager itu yang menegor bawahannya, dengan begitu kan tegoran bisa lebih mengena ke karyawan yang bersangkutan. Klo Protekom yang negor mah, bukannya sadar, malah ntar pada bilang Protekom rese d.. kaya g juga dulu hehehe...

Yah demikian sharing g tentang masalah ini. Sebenernya g juga ga setuju sama BINUS, kenapa harus pake sepatu untuk masuk kampus. Katanya mo globalisasi, tapi kok masi terpaku pada hal-hal konservatif yang kaku sehingga malah membuat penduduknya jadi ga nyaman. Tapi mungkin BINUS punya alasan sendiri dengan menerapkan peraturan ini, jadi selama peraturan ini masih ada, ya lebih baik ditaatilah.. apalagi sebagai karyawan, kan harus bisa jadi contoh buat yang lainnya.

Labels:

 
posted by Me at 8:17 PM, |

19 Comments:

Hehe.. di JWC pake celana pendek sendal jepit boleh ci :p
gw kalo ambil ATM selalu pake kartu ATM, ga pake sandal....
*emang bisa ya pake sandal?* :D
gimana kalo kita buka penyewaan sepatu pas di depan gerbang satpam nya binus... ?

peluang bisnis tuh..
emang nyebelin seh standar ganda begitu, tp kadang klo lagi kejepit, kadang kita sendiri ngerasa pengen juga diperlakukan istimewa begitu (baca: pake sandal bole masuk kampus)

itu khan kita liat dari protekomnya, tp dr binus sendiri jg kyknya punya standar ganda yaa, seperti kata anung, setau g di jwc jg berlaku peraturan yg sama, tapi orang2 dengan sandal jepit (+celana pendek) bebas berkeliaran tuh di kampus...

@riep: yukkkjoinan :D
hihi kmaren pas baca disurat pembaca, gue tmasuk salah satu orang yg setuju sama protes tu orang :P

dlm ati gue bersorak sorai pas ngebaca sambil bilang 'nah..akhirnya ada yg komplen juga, rasain binus!'

wakakak...jaat ya gue?

soalnyaaaaa...terusterang gue sebeeeelll bgt sama peraturan ini dariii duluuu...

bayangin aja, gue anak kos gitu loh, malem2 mo makan ga ada duit, mo ngambil atm cuma make baju tidur sama sendal jepit aja ditolak mentah2 sama satpam, grrrrhh....ngajak berantem gak coba! hrggghrrr...
masa gue ambil atm aja malem2 kudu ganti sendal bertali belakang huh:p
sementara gue liat karyawan2 berliweran pake sendal boleh2 aja masuk...itu dia yg bikin gue keki setengah mati dulu..

mestinya niiihh, mboknya atmnya dipindah aja deh, deket gerbang gitu, jd orang2 yg mo ambil atm ga kudu masuk jauh2 ke kampus..

coba bayangin kalo ada urgensi darurat malem2 gitu mo ambil duit, masa iya kepikiran make sepatu dan proper suit dulu untuk kekampus?ckckck...aturan yg aneehh..

eh maap jadi ngeblog disini mot ;p
@arip: i am in!!
*siap2 ngumpulin koleksi sepatu gw buat disetorin ke arip*
yang g ga setuju itu, klo ceweq cakep pakai hotpant trus pakai sendal masuk kampus buat ambil ATM doank dikasih, klo g enggak ^^

trus klo bapak2 penghuni daerah minus sekitarnya, pakai celana pendek sendal jepit gpp juga, apa karena dia bukan mahasiswa/i binus ?

kekekeke :)
Di JWC setau gw emang peraturannya beda koq. Sekitar setahun yang lalu pernah diumumkan kalo peraturannya direvisi dan jadi boleh pake sendal (dua tahun yang lalu sih ngga boleh).

Kalo celana pendek gw ngga tau deh, tapi kayaknya banyak yang pake celana pendek dan tidak pernah bermasalah koq. Setau gw emang di peraturannya nggak ada tulis harus pake celana panjang juga.

-Kurniady
hidup ceemot!! :-D

binus syahdan/anggrek sama jwc memang punya style yang berbeda. syahdan/anggrek cenderung punya aturan yang lebih ketat dari jwc (ngga cuma sepatu, tapi yg lain juga).

gpp lah, artinya itu binus nyuruh kita belajar disiplin :P
Hi hi...
numpang baca... hehe...

knapa ya aturan pake spatu itu tetep dipertahankan?
toh pake gak pake spatu kan gak ada hubungannya ama nilai akademis.
yg pake spatu lom tentu lebih tekun dan bagus ip nya serta lebih bermoral daripada yang pake sendal :D

toh ujung2nya tar kl uda kerja kan juga nyadar sndiri pake sepatu.
lagian ga smua didunia kerja harus pake spatu. :D
Mendingan ATMnya pindahin aja deh.. Ato BCAnya beli lagi aja deh mesin baru.. :))

*mentang2 jualan ATM
@pitshu: *ngakak baca comment lu, pit*... artinya lu dilarang masuk krn gak pake hot pants atawa kagak cantik? hahahaha.. just kidding, jgn cemberut... nti tambah dilarang masup binus. wakakaka!

@cimot: mungkin krn binus menganggap kampus tempat yg terpelajar, jadi pakaian harus rapih. bukannya mo ngebelain binus sih, seperti yg lu bilang, pasti mereka punya alesan ttt.

yg salah emang yg melanggar aturan dan memanfaatkan situasi krn jadi karyawan/kenal dg protekom di situ.

yah, semoga setelah ada protes pembaca, terjadi perubahan yg lebih baik utk semua pihak :)
kayaknya kalo mau minta ATM dipindah atau ditambahin di luar wilayah Kampus BiNus, mungkin sampaikan keluhannya ke BCA kali yak, bukan ke BiNus-nya, hehe :-P

Sebenernya kalau mau lebih enak, ya mungkin aturannya bisa diperlonggar sedikit. Jadi memang kalau masuk ke wilayah Kampus Binus itu harus berpakaian rapi dan menggunakan sepatu kriteria Binus, kecuali kalau kepepet pengen ke ATM, gmn?? Setuju2 ??

No offence ... ^^
@anung : nah itu.. harusnya peraturan kampus syahdan itu diganti kali ya..

@oom23 : eh.. khusus ATM di BiNus bisa oom.. hahahha.. cape d :))

@ariep & lita : hmmm.. boleh juga usulnya.. ntar g cariin tempat kosong buat buka penyewaannya ya :))

@cc nat : no worries cc.. boleh kok curhat kok di sini :D heheh..

@pitshu : mungkin pitshu harus pake hotpans juga :D hehehe.. tus klo yang bapak2 sekitar binus kali karena da kenal, jadi dikasi masuk.. kali gituu..

@kur : semoga ntar di syahdan juga direvisi d peraturannya

@su : horeee... setujuuu... biar lebih disiplin, yang melanggar didenda aja..

@melisa : aloo.. salam kenal.. setuju2.. daku setujuuu.. pake sendal blom tentu ga berpendidikan ya.. malah seharusnya orang klo belajar itu harus dengan keadaan yang nyaman dan ga dipaksakan ya :D

@felix : itu masukan buat BCA tuu

@susi : aminnn susss..

@anonymus : lebih baik si peraturan pake sendal masuk kampusnya aja yang dihilangkan :D heheh..
Hari gini ributin sepatu, kayak sekolahan aja Binus ini... ^o^
setuju ama pak felix...
pindahin aja ATMnya ke dekat pintu luar... huehuehuehue....

Regards,
Xander
peraturan ga slalu benar :D
saya pernah kerja di menara thamrin, yg notabene isi kantornya sebagian duta besar negara asing seperti argentina dan kedutaan inggris. Jadi tiap kali masuk harus lewati rangkaian pengecekan keamanan.

Saya pernah, sering liat orang asing yg dtg ke sana memakai celana pendek dan sendal olahraga. Bayangkan kalo dia musti kerja di sekitar kampus binus, uda macet, jalannya ga ramah buat pejalan kaki apalagi pesepeda, pasti dia disrh ganti pake celana panjang dulu... bayangkan bersepeda musti pake celana panjang kantor dia....

makanya saya uda ga pernah lagi ambil atm di binus :p
banyak kok tempat ambil atm slain di binus...

ga smua peraturan harus kita ikuti scr buta. Menurut saya ini peraturan yg ga perlu, atau NORAK. Norak banget..... ga penting banget... emang binus bikin hal berguna buat apa sih ke masyarakat slain mahalnya biayanya ? bikin macet kan... bikin parkiran khusus buat sepeda dan jalan buat pejalan kaki di dalamnya aja enggak.
Nyulap2 universitas jadi mall, keliatan banget tuh noraknya dan berusaha go komersialnya. Yg bagus tuh menghijaukan lingkungan. Ini norak2an harus pake sepatu smua ke kampusnya. NORAK...binus...kamu NORAK...NORAK....!
dan gw jg benci ama satpamnya. Itu jg gara2 pendiri universitasnya seperti itu juga sok2an gaya nyuruh pake sepatu buat semua orang. Satpamnya berdiri di depan HANYA utk mencegah orang yg mau masuk atm dgn sendal jepit, sambil membawa PENTUNGAN, kyk bersiap2 mau mukul...

Huh, kalo ditodong pistol atau teroris gw yakin tuh satpamnya lari terbirit2... sok jagoan aja tampangnya. Sangar banget, pemiliknya jg sangar ya... sangar dan norak. Tapi moga2an kalo suatu saat ada korban kecelakaan di deket situ, trus pada mau ambil ke atm buat biaya rs-nya, satpamnya jgn bersikap tetep kekeh pada peraturannya. Kalo ampe seperti itu, dobrak aja deh kampus norak kyk gitu...

Liat aja kampus oxford, harvard, pernah gak sih ada peraturan kyk gitu larang orang masuk kalo ga pake sendal jepit... pendiri facebook aja dulu sering keliatan pake sendal, padahal kalo mau dia bisa beli 10 toko sepatu di inggris.

Binus, kalau mau jadi kampus yg bergengsi, bukan gitu caranya. Lo poles kampus lo kyk mall, lo larang orang pake sendal ke kampus lo. Semua itu ga menjadikan diri lo lebih terhormat di mata gw. Apa sih yg lo lakuin ama lingkungan sekitar lo ? pernah ga lo perhatiin lingkungan sekitar lo rusak dan ga nyaman buat orang2 krn kampus lo ? Pernah ga lo lakuin sesuatu buat itu ? satpam lo aja yg berdiri di sebrang jalan, ga pernah gubris orang yg mau nyebrang tapi takut ketabrak...

so, binus, lo ga ada apa2nya di mata gw. Ga respek gw ama kampus kyk lo. Lo tuh cari gengsi. Satpam lo pasang tampang sangar, tapi skali ditodong ama teroris gw yakin NGIBRIT.

Buktiin dulu lo lakuin sesuatu ke lingkungan sekitar lo...
Tuh kemacetan di sekitar lo, fasilitas buat pejalan kaki, pesepeda dll.. apa lo bisa ngatasi itu ? Apa lo pernah melakukan charity ke masyarakat ?

kalo uda begitu, lu mau pasang tanda harus berkemeja buat masuk kampus jg gw tidak keberatan.

Tapi tolong jangan tambah lagi zero-nya gengsi lo slain yg uda lo terapkan slama ini. Selain soal sendal jepit dan satpam lo yg sok beringas, tapi pengecut. Jangan tambah lagi dengan hal2 lain, sblum lo lakuin yg berguna buat masyarakat dan lingkungan sekitar lo..... THANKS !
satu lagi,
gw ga bersepatu slama ini, ke tempat kerja jg gw tetep sendal jepit. KENAPA ? bukan krn gw ga mampu beli sepatu di sini...

tapi sepatu yg buat kaki gw nan lebar ini ga ada di sini... dan gw bli sepatu jg sering rusak akhirnya gw ga beli lagi krn gw sayang duit. Gw ga mau ikutan gengsi kyk binus dan pemiliknya yg norak itu...

gw akan segera memiliki sepatu yg (mungkin) bakal pas di kaki gw.. tapi itu jg penantian lama, setelah skian lama gw ga punya sepatu yg ga bikin kaki gw sakit dan pegal.. jadi untung gw ga pernah kuliah di binus, soalnya pasti cuma gara2 ini gw ga bakal lulus.. sorry to say, gw emang bener2 susah cari sepatu buat orang kyk gw... uda banyak sepatu gw cobain tapi modelnya sempit. Jadi ga cocok. Gw ga tau nasib mahasiswa/i di sana kalo ada yg sampe didiagnosa ama dokter ga bisa pake sepatu dulu... apakah satpamnya yg sangar bakal langsung PENTUNGIN orang yg sakit kakinya jadi ga bisa pake sepatu ?

Kliatannya satpamnya binus kyk preman yah, bawa2 pentungan cuma buat mukulin orang yg mau masuk pakai sendal. Kalo ada yg sakit ya PENTUNGIN jg pak satpam ! BUktiin donk diri Anda sebagai satpam yg HEBAT dan SANGAR...! Tapi kalo hadepin penjahat beneran sih ga berdaya gw yakin...