Christian View : Crossing The Red Sea

Monday, December 03, 2007
Semalam nonton film perjalanan bangsa Israel keluar dari Mesir di Jak TV, berhubung da sering nonton dan baca kisah ini, jadi nontonnya ya sambil bolak balik aja ke RCTI yang lagi nyiarin kuis Deal or No Deal *yang ini lebih bikin penasaran soalnya :D*. Sebenernya film ini sudah dari minggu lalu, tus bersambung minggu ini. Ceritanya dimulai sejak penciptaan dunia, tus Abraham, Ishak, Yakub dsb. Minggu kemarin ceritanya sampe Yusuf dijual ke Mesir, dan minggu ini mulai Yusuf kerja di rumah Potifar sampe bangsa Israel keluar dari Mesir dipimpin Musa.

Selama ini klo denger cerita ini, selalu mikirnya, duh, bangsa Israel ini kok keras kepala banget si.. bego banget si.. bebal banget si.. Uda dibilang pasti sampe ke negeri Perjanjian kok ya masiii aja kuwatir pas mereka sampe pinggir Laut Merah tus liat bangsa Mesir sudah mendekati mereka. Sampe2, ada yang berpikir untuk kembali dan memohon belas kasian sama bangsa Mesir, saking ga percayanya bahwa Musa dipake Tuhan untuk pimpin mereka ke negeri perjanjian.

Tapi semalam pas liat film itu lagi, ada pemikiran yang berbeda muncul di kepala g. Klo g yang jadi bangsa Israel, mungkinkah g percaya begitu aja sama Musa ? Bahwa Musa bener2 dipake Tuhan ? gimana klo Musa ternyata boong doang ? tus saat laut sudah terbelah, dan Musa bilang maju, mungkinkah itu Tuhan yang buat supaya laut itu terbelah ? mungkinkah g melenggang dengan manisnya lewat tanah kering tanpa berpikir aneh2 ? tanpa kuwatir, tiba2 pas sampe tengah2 airnya balik lagi ? tanpa kuwatir, tiba2 ada ikan gede nyembul di sisi kiri dan kanan ? banyak hal-hal negatif yang tiba2 muncul di kepala g waktu g mencoba memposisikan diri g sebagai bangsa Israel saat itu.

Setelah itu, g mencoba memposisikan hidup g pada posisi bangsa Israel yang sedang mencoba melewati Laut Merah. Berbagai masalah, ujian, rintangan di depan g, bagaikan Laut Merah yang menghalangi jalan g menuju ke sesuatu yang coba g raih dalam hidup ini. Kadang-kadang, g saking takut/bodohnya, g lebih memilih untuk "kembali ke Mesir" aja d, supaya g ga harus menyeberangi Laut Merah, at least di "Mesir" walo hidup g ga sempurna, tapi g merasa aman dan nyaman, semua kebutuhan g ada saat g butuhkan.

Kadang-kadang, abis doa, abis dapet nasihat, dapet wangsit, dapet iluminasi *ciee*, g berani mulai melangkahkah kaki g, setapak, dua tapak ke "tanah kering di Laut Merah yang terbelah". Tapi di tengah2, g mulai meragukan, apakah g bisa sampe sebrang ? apakah laut ini akan tetep terbelah sampe g di sebrang ? Klo pikiran ini mulai muncul, kadang2 g mulai balik kanan, dan langkah tegap maju jalan balik lagi ke sisi semula, mo balik lagi ke Mesir. Ato kadang2 g juga, udah diem aja d, ntar klo Tuhan mau juga ada yang angkat g untuk sampe ke sebrang, ato klo Tuhan ga mau ya paling mati di tengah laut, toh klo balik juga, blom tentu selamat sampe ke sisi satunya.

Setelah dipikir2, ternyata g juga sama pengecutnya ya sama bangsa Israel saat itu. Dulu g bisa mencibir bangsa Israel, tiap g baca/denger/nonton kisah ini. Tapi sekarang, g bisa merasakan apa yang dialami bangsa Israel, ternyata memang ga gampang menghadapi "Laut Merah". Klo hanya mengandalkan diri sendiri, tanpa bener2 mau pasrah dan berserah diri dan yakin pada pimpinan Tuhan, banyak kekuwatiran yang bisa jadi faktor buat g untuk kembali ke "Mesir" dan g ga akan pernah sampe ke tanah perjanjian itu.

Semoga g bisa lebih berserah diri dan yakin pada pimpinan Tuhan, sehingga g bisa melewati "Laut Merah" hidup g. Dan... setelah "Laut Merah", masih ada 40 tahun di padang gurun menanti, sebelum sampe ke tanah perjanjian. Will I arrive ? or die in the desert ? Only faith can answer it.

Soli Deo Gloria

Labels:

 
posted by Me at 8:59 PM, |

12 Comments:

adoohhh berat topiknyaa cieeellll T_T huahahahaha...cielll kangen niiiii pengen ke binus >:D<
hahaha.. abis, lagi kepikiran itu si Pi heheh..

sini2.. BINUS juga kangen sama Epi :D hehehe..
Aihhh.... baru kemaren sabtu latian salah satu lagu "israel in egypt"
ada kata²nya
"the horse and his rider hath He thrown in to the sea"
sambil nyanyi, sambil berimajinasi serunya kejar2an di laut merah :D

Hohoho..kalo ga ada laut merah, ga seru ci idupna... ^^
Jia you ^^
hohoh.. iya si ga seru.. tapi klo kebanyakan Laut Merah, juga amsiong hahaha :))
mudeng juga bacanya.. topiknya berat yah.. hihihi..
naek boat aje nyebrangnya. sekali nyebrang 1000 perak doang neng.. =))
@sakuralady : eheheh.. lagi kepikiran yang berat2.. sekali2 boleh lah :))

@anung : yakin boat nya ga kebalik di tengah2 bang ??
yang pasti, lagi nyeberang laut merah berdinding air gituh, jangan lupa foto2 :D
sipp Oom.. ntar foto2nya dipajang di blog d ;;) :D
alamakk ci... ceritanya baru mendapat wangsit ni? :P
hehehe.. begitulah jo..
Wah gile kadang kita emang suka gitu ya ci.. Ragu sama pertolonganNya..

G juga begitu ci waktu nonton Nativity Story.. Seandainya g jadi Maria waktu itu g ragu bgt bisa bersikap seperti dia..