Christian View : Sisi Lain Lagu Hymne

Saturday, November 04, 2006
Sejak kecil g ke gereja aliran pantekosta yang lebih banyak menyanyikan lagu2 rohani kontemporer, dan jarang sekali menyanyikan lagu hymne. Alasannya si biasanya lagu hymne itu bikin ngantuk.. kan musiknya mendayu2 gitu.. ga bisa pake tepok tangan pula klo nyanyi lagu hymne, apalagi lompat2.

G mulai berkenalan dengan lagu hymne sejak taon 2000, waktu itu ada beberapa kali g ke GRII, di gereja ini hanya menyanyikan lagu2 hymne pada saat kebaktiannya. Ga ada d yang namanya tepok tangan *apalagi lompat2* paling banter salam2an aja. Klo kebaktian pagi, trus nyanyinya lagu hymne, diiringi pake piano, biola & seruling aja klo malamnya ga cukup bobonya.. dijamin bisa "ngleker" d di kursi hehehe. Tapi ada juga beberapa lagu yang cukup menyemangati, seperti "Api Roh Suci", "Darah Kaum Martir", "Doxology", "Rejoice Rejoice". Lalu waktu di Oz, juga karena g ke gereja Babtis, mreka banyak pake lagu hymne.

Nah, kemarin dulu g jalan2 ke Metanoia (dulu), ketemua kaset yang isinya lagu2 hymne, tapi g liat cover nya ga seperti kaset2 lagu hymne yang biasa.. cover nya kesannya lebih anak muda gitu. Karena tertarik, jadi g beli *ga nemu cd nya, jadi beli kasetnya*. Sampe kost di coba, ternyata lagu2 hymnenya di aransemen jadi lebih cepat dan pake musik band. Jadi lebih enak dinikmati oleh orang2 yang ga suka lagu hymne.

Trus, kemarin ke TA, di Pondok Pujian nemu lagi CD Lagu hymne yang dinyanyiin oleh koor anak2. G pikir karena koor, mungkin musiknya ya seperti lagu hymne biasa, karena tertarik dengan lagu "Doxology" yang tertera di sampul CD nya, akhirnya g beli juga. Trus pas dicoba ternyata aransemen nya dibikin cepat juga seperti kaset yang g beli.

Dari 2 kaset & CD ini, g jadi menemukan sisi lain dari lagu hymne. Ternyata klo disuguhkan dengan warna yang berbeda pun bisa dinyanyikan sambil tepuk tangan dan lompat2an dan ga lagi bikin ngantuk. Malah ada nilai plus nya, karena menurut g lagu hymne itu dari segi lirik lebih terkesan agung. Lagu-lagu hymne menurut g juga tak lekang oleh waktu. Lagu Amazing Grace contohnya, dari sejak dicipta sampe sekarang pun, ga ada matinya walo didengar berulang2.

Soli Deo Gloria

Labels:

 
posted by Me at 3:34 PM, |

4 Comments:

Cc Sing one song,
Record it,
Post to youtube,
Let mee heaarrrrr :D
hohoho
klo mo denger, dateng aja ke jurusan Nung, ntar saya nyanyiin d :D klo post di youtube, ntar para produser mencariku =))
yakin ni kalo ke jurusan disuguhi alunan suara ceemot?
@23 : pasti.. kumpulin aja 10 orang.. ntar tinggal konser.. gratis kok :))