Sudah 3 Semester loh...

Saturday, January 13, 2007
Akhir semester ini sudah 3 semester g mengajar di UBINUS tercinta. Selama 3 semester, mata kuliah yang sudah pernah g ajar adalah :

Semester ganjil 2005/2006
Interaksi Manusia dan Komputer, 2 kelas (05PIT & 05PCT)

Semester genap 2005/2006
Sistem Multimedia, 2 kelas (06PET & 06PKT)

Semester ganjil 2006/2007
Interakhir Manusia dan Komputer, 2 kelas (05PNT & 05PVT)

Waktu semester pertama ngajar, hari selasa ngajar, dari hari jumat sudah mulai belajar. Baca buku text, baca power point nya, bikin catatan di power point nya buat bahan nerangin ke mahasiswa. semester kedua, ngajar hari jumat, hari selasa baru mulai baca2 text book dan power point, kali ini catatan2 di power point sudah tidak sepadat dulu. semester ketiga, hari jumat ngajar, hari rabu baru buka power point nya, itupun karena ada temen sekost yang ngajar mata kuliah yang sama pada hari kamis nya. catatan di power point uda ga bikin lagi, tinggal pake power point yang lama.

Ya g emang kebiasaan jadi dosen yang text book / power point banget, jadi ya yang g terangin ke mahasiswa cuma yang ada di power point. akibatnya mahasiswa jadi ngantuk karena bosen, sehingga kadang2 ya g ngelawak dikit2 lah di kelas. tapi g ga menutup kesempatan buat mahasiswa yang pengen nanya hal2 laen ke g. karena itu g selalu kasi id ym g ke mahasiswa g, jadi klo ada hal2 laen yang pengen mreka tanyakan, bisa nanya lewat ym.

Tapi kebanyakan mahasiswa yang nanya lewat ym itu biasanya nanya tugas, kisi2 ujian, nilai dan hal2 laen yang berhubungan dengan itu lah, ato sekedar iseng ngobrol. dan baru2 ini, ym g sebagai alat untuk mengiklankan lowongan kerja :D

Dari 6 kelas yang diajar, paling sebel sama kelas 05PIT (IMK 2005/06 ganjil) & 05PVT (IMK 2006/07 ganjil). Bukan karena apa2 si, cuma karena berisiiiiiiikkkkk banget di kelasnya. klo 05PKT masi mending emang anak2nya berisik terutama yang duduk belakang, tapi masi ada beberapa yang duduk di depan itu merhatiin g, trus mreka klo ngumpul tugas juga lebih tepat waktu dan sesuai permintaan g. klo yang 05PIT berisik, trus tugas suka telat, tapi klo g kasi joke2 gitu mreka ada tanggapan, jadi mengurangi ke grogian g juga si.

05PCT, anak2nya ga berisik, trus tugas juga ok. cuman, klo g nge-joke biasanya sambutannya juga dingin *uda pada tidur kali ya.. hahah*

06PET, kelasnya so so. ga berisik tapi agak kurang ok dalam hal tugas. klo dikasi joke masi ada tanggapan. begitu juga dengan kelas 06PKT, anak di kelas ini pinter2 karena anak peminatan IS. awal2 agak merinding mo ngajar kelas ini (apalagi ada cipi). tapi lama2 enjoy juga. cuma banyak yang suka jadi "hantu". waktu itu g kasih tugas bikin video iklan, dan ada satu video dari kelas ini yang menurut g bagus.

05PNT, kelas ini sebenernya g suka banget ngajarnya. anak2nya yang ada di kelas itu ketauan banget, anak2 yang itu2 juga. trus klo g ngajar, mreka ga berisik, bisa nanggapin juga klo g nge-joke *brarti ga pada bobo gitu walo ga berisik...*. sayangnya... klo masalah tugas.. ampun d.. g terangin ampe berkali2 juga kagak bener2 itu tugas, sampe akhirnya dateline pengumpulan tugasnya molor2.. tapi gpp d, yang penting mreka niat bikin tugas nya.

Sebenernya g jadi dosen ini karena dipaksa, bukan karena keinginan g sendiri. karena g itu orang yang paling ga PD klo disuru ngomong di depan orang banyak. mungkin g udah biasa ngajarin / nerangin sesuatu ke orang, tapi g merasa lebih baik klo ngajarin / nerangin ke orang per orang, bukan di depan kelas begitu. apalagi dengan badan g yang kecil mungil nan imut ini *hoekkk..* g takut klo diremehin sama mahasiswanya. klo sudah begitu, pasti g jadi ga PD akhirnya jadi grogi dan nge blank, dan nge blank di depan kelas, itu adalah hal yang paling g takutkan.

Tapi berhubung dipaksa harus jadi dosen, ya sudah g berusaha untuk mengalahkan rasa ga PD g. dan akhirnya sampai sekarang g tetap jadi dosen, walopun tiap awal semester ngerayu2 Pak Sekjur supaya ga usa ngajar lagi. Soalnya walopun da 3 semester ngajar, tetep aja g masih belom bisa mengalahkan rasa ga PD g.

G masih sering grogi di depan kelas. kalau mahasiswa berisik sendiri, trus joke g disambut dengan dingin, g jadi merasa ada yang salah dan akhirnya jadi grogi, walopun persiapan g uda TOP. tapi kalau mahasiswanya ga berisik dan klo g kasi joke ada tanggapan, itu bikin PD g jadi lebih baik dan kegrogian ilang. trus juga supaya ga grogi, biasanya klo sama mahasiswa, g menempatkan diri sebagai teman mereka, berusaha akrab sama mereka, ini juga untuk mengurangi kegrogian klo pas ngajar di depan kelas. klo sama mahasiswanya akrab, jadi kaya ngobrol sama teman aja klo pas lagi di depan kelas.

*semoga semester depan dapet kelas yang mahasiswanya baek2 yaaa [-o<*

Labels:

 
posted by Me at 1:14 PM, |

15 Comments:

trus potonya manaaaaa :-w
iya iya, fotonya manaa?
hebat deehh bisa jadi dosen...
*kagum*
@epi & 23 : foto apaan ?? g kan ga nyebut2 foto :o

*ah epi.. sengaja ga mau post tentang potong rambut, soalnya blom foto.. ahahha..

@cc nat : saya ga sehebat itu kok :D tapi terima kasih pujiannya cc :"> jadi malu..
cita citaku ingin jd dosen juga kaya ci ceemot :)

hidup ci ceemotttt ;)
@anung : hidup anung.. ayo.. ayo.. nglamar dosen Nung.. diterima langsung d :D
.........
itu di 06PKT ada hantu...
maksudnya saya ya ci? :D

wkwkkwkwkwk...
ah tapi saya masih sering masuk kelas kok.. ya kan cii?? hehehe.
ci, btw kok di blog cici ga ada previous entry sama previous comment nya yah.. blom dimasukin ato cici ga tau nih caranya?
kalo mau aku bisa nih munculin.. hehe
@cipi : hehehe.. jadi "hantu" sesekali masih wajar ya :D

thanks ya buat bantuannya bikin recent comments :D hehehe
waaah, ibu doseeeen.... galak gak klo di depan kelas? ;)
@susi : coba tanya sama cipi :D hehehe..
Saya juga suka jadi hantu :">

Komentarnya basbang yah? :))
@anonymus : sapa ya ini.. jadi "hantu" nya di kelas aja dong, di blog jangan.. heheeh :D
tuh kan karena saya mendengarkan apa yang diajarin ma dosennya jadi kelasnya ga perna berisik d.
ne 05PNT yang mana ya ? :p