Mengenalkan Lentog pada Bloggers

Tuesday, July 03, 2007
Hehe.. pada bertanya2 ga si apa Lentog itu pas baca judulnya *sok misterius*, eh tulisnya Lentog apa Lenthog ya ? ah sama aja d. Post g kali ini bermaksud untuk memperkenalkan Lentog pada bloggers dan bloggers pada Lentog *jadi inget iklan wafer T***o d.. mengenalkan ayam pada Ipod :))*.

Klo dari bloggers ada yang asal dari Kota Kudus *yap, kota kretek itu.. yang ada pabrik rokok Djarum nya ituhh..* atau yang pernah setidaknya mengunjungi Kota Kudus, mungkin ada yang pernah denger kata2 ini "Lentog". Buat yang belum pernah denger, mungkin kedengarannya agak aneh. Soalnya kata2nya hampir mirip sama Lontong. Walaupun sama2 makanan tapi Lentog dan Lontong ini agak beda kategori.

Nah, mari kita buka apa itu Lentog. Lentog terdiri dari potongan lontong, sayur nangka yang dicincang halus yang rasanya agak2 manis, dan lodeh tahu/tempe yang rasanya asin gurih *duh.. nelen ludah..*, kemudian di atasnya diberi taburan bawang goreng. Disajikan di atas piring yang suda dialasi dengan daun pisang. Untuk sendoknya kita bisa memilih menggunakan sendok biasa, atau menggunakan daun pisang yang dipotong menyerupai sendok *namanya suru klo di jawa*

Bagi yang suka pedas Lentog biasanya dimakan bersama cabe rawit yang di "gangsa" *klo bahasa jawa, klo indo, tumis kali ya.. apa si yang di sreng di minyak gitu, au ah elap :)) pokoknya gitu*. Biasanya cabe rawitnya masi utuh, tus ntar diancurin pake sendok masing2 di piring masing2, ada juga yang langsung makan cabe rawitnya utuh2 untuk setiap suapan. Tus cabe rawitnya bisa minta sesukanya. Selain cabe rawit, di warung lentog juga dijual makanan pengiringnya yaitu sate telor puyuh dan krupuk udang.

Secara lentog ini dijualnya dalam porsi kecil, maka para pembeli rata2 akan menghabiskan 2-3 piring untuk yang mo makan normal, sedangkan yang memang lagi mau memuaskan nafsu makan lentog, bisa sampe 10 piring *klo ga salah dulu temen g ada yang abis 15 piring d*. Ditunjang juga dengan harga yang cukup murah *dulu jaman SMA cuma Rp.700, ga tau sekarang*.

Untuk minuman, dulu biasanya tukang lentog hanya menyediakan teh botol saja. Namun setelah aqua gelas mulai terkenal di Kudus, maka para tukang lentog juga mulai menyediakan aqua gelas di warungnya, selain itu tidak ada minuman laen *sampe terakhir g k sana :D*.

Di Kudus, Lentog memang cukup digemari oleh berbagai khalayak, tua, muda, miskin, kaya, pria, wanita, apa lagi ya.. hmm pokoknya semua d.. dari pengamen sampe bos2 kaya, semuanya suka makan lentog. Walaupun lentog ini dijualnya di warung2 tenda emperan dipinggir kali pula.. tapi tidak menghalangi para pembelinya untuk datang dan menikmati lentog dipinggir kali. Yang dateng pun beragam, ada yang naek sepeda, ada yang naek motor, ada pula yang naek mobil.

Lentog merupakan makanan liburan di Kudus, setiap keluarga pasti tidak akan melewatkan liburannya tanpa makan lentog. Hal ini dikarenakan dulu lentog hanya bisa didapatkan di daerah Tanjung *sebelah Barat Kota Kudus*, dan dijual hanya dari jam 6 - 8 pagi, lewat dari itu pasti uda ga kebagian. Karena itu liburan adalah kesempatan besar buat penggemar lentog untuk memuaskan dahaganya, soalnya klo lagi ga liburan pasti pada susah untuk ke Tanjung pagi2, karena uda pada sibuk sama urusan sekolah dan kerjaan.

Selain kesempatan besar buat para penikmat Lentog, liburan juga kesempatan besar buat tukang lentog untuk meraup lembaran2 uang. Saat liburan dari jam 6 pagi, warung2 Lentog pasti sudah diserbu oleh penggemarnya. Ada yang dateng bersama temen2 (biasanya naek sepeda / sepeda motor), ada yang dateng bersama keluarga (naek mobil). Sampe2 klo di warung lentog yang terkenal, pasti ngantri dulu sebelom bisa duduk. Saking ramenya, dan kecilnya warungnya.

Dulu g sama keluarga, sering bareng2 naek mobil ke Tanjung untuk makan lentog, tus klo da pas mo deket tempat jualan lentognya, Papa g turunin sepeda, tus g & cc g naek sepeda sampe ke tempat tukang lentognya. Tus klo ga pagi2 mo berenang, sebelom berenang makan lentog dulu. Gereja g juga sering klo liburan, ngadain acara lentogan, berangkat bareng2 dari gereja naek sepeda / motor, makan lentog bareng2.

Sekarang lentog uda mulai menyebar luas di seluruh penjuru Kota Kudus. Tukang2 lentog ga cuma bisa ditemui di Tanjung saja, ada di GOR, di Prambatan, dan di daerah2 Kota Kudus lainnya. Dan juga sekarang kita masi bisa menikmati Lentog sampe sore seiring dengan semakin bertambahnya penggemar lentog, sehingga para tukang Lentog membuka warungnya sampe sore, kecuali yang di Tanjung, kayanya mreka tetep stick to the rule, buka sampe jam 8 pagi. Tapi buat g, Lentog paling enak tetep di Tanjung, di warung Pak Ndek :)


Berikut contoh gambar lentog, tapi ga gitu jelas si, maklum kamera hp g ga bagus :D semoga masi keliatan :

1. Gambar seporsi normal Lentog



2. Lentog favorite Ceemot, cuma Lodeh Tahu plus lontong dikittttt aja, kuahnya yang banyak ya Pak *loh..* :D




*efek abis makan lentog neh.. ada yang bawain dari Kudus soalnya..*

*Tata.. thanks :)*

Labels:

 
posted by Me at 11:10 AM, |

15 Comments:

jadi lafer.. kekeke.. biasanya gua suka sarapan lontong, tapi skrg gua sarapannya berat mbo, nasi kekeke..
*gimana ga jadi suku perut buncit cobah.. hihihi*

porsinya kecil, kaya nasi kucing gitu ya yg jogja, atau nasi apa itu yg dari cirebon?
hehehe.. g selama di BiNus biasanya ga pernah sarapan, kecuali ada event2 khusus *kaya hari ini ada yang bawain lentog :D*

iya, porsinya kecil banget, mungkin sama kaya nasi kucing.. tus yang di cirebon mungkin maksudnya nasi jamblang ? :D
gambar atas sama gambar bawah kok beda mot? keknya yg bawah lebih berkuah?
mirip lontong sayur ya?

@sakura : nasi jamblang sih nasi putihnya doang yg porsinya kecil, tp kan bisa ambil bbrp nasi :D
oiya, lupa kasi keterangan, yang atas itu porsi normal sepiring Lentog, sedangkan yang bawah itu cuma Lodeh Tahu and minta kuah banyakan :D heheh.. -> favoritenya ceemot :)

iya ce, mirip lontong sayur, tapi ga pake sayur labu, sama santen untuk lodeh tahunya lebih kentel and putih :)
wow...keknya enak...apalagi gw doyan lontong kinda food :) silaken cie ceemot undang kita makan lentog kapan2 :D
Lahhh.. katanya cici ga demen nasi yang dipadatkan??

ini lontong pan dipedet pedettt :p
@aCia : heheh.. ntar klo balik dan sempet beli, daku undang makan Lentog rame2 di kost an daku ya :D

@Anung : liat gambar yang bawah Nung.. itu paporit ceemot, tanpa lontong :D hehehe.. klo pun harus pake, biasanya dikittttt banget lontongnya dan kuahnya yang banyakkk
@ anung...
Itu pesennya mau lentog tapi lontong dikit tahu yang banyaaaaakkkkk...

Btw tadi itu sekalian ngabisin tahu yang tersisa, jadi bener2 banyak de tahu cici huauhua...

Aarrrhh...makan itu serasa nyangkut di tenggorokan ci :( jam 12-an da laferrr lagi....

Besok ada lagi (semoga kalo ga kesiangan bangun hihihi)

Btw...saatnya ngambingggggg (buat i : nguah ama nyate de hihi)
@tata : hehehe.. emang kan porsi kecil.. makanya minta double portion ta besok klo bungkus lagi..

klo buat saya, tetep kaya tadi ya pesenannya :D hehehe.. thanksss..

saatnya ngambing nii.. where are you ??
@ceemot and nat : Iya, nasi jamblang.. hehehe.. jadi lupa, ngeblank gitu.

gua pengen makan ketoprak neh jadinya, dulu juga lagi mao kurangin karbohidrat, lontong dikit tapi tahu minta banyak juga.. aihh.. ada lomba lg ga di tokyo moot? kalo ada yg kesini, nitip ketoprak yah. kekeke
Joandi

hemmm kok mirip lontong sayur yaa? bedanya apa? lontong sayur sini juga pake telor tapi telor ayam bukan sate telor hehehe :P

pake santen juga??

hoo tau deh photo yg bawah itu waktu lentog nya uda abis yaa??
C wil said : "dulu juga lagi mao kurangin karbohidrat, lontong dikit tapi tahu minta banyak juga"

Huehuehue...good good...good tips hihihi.. * layak dicoba hueuehue... C kapan mo ketoprakan (sekalian bikin ngiri huahuaa)

Hohoho..nilai plus bluejack yang tersebar di mana², hihihi..sampe saat ini petojo telah mencapat s'pore...nyampe ke jepang ga ya ??

(jadi inget duluuu..otak² nyokap ampe dibawa ke german - ada orang pesen hihihi) Yang buatnya aja belon perna sampe sana = =' malah makanannya mendahului.
@sakuralady : titip joni jpn aja, dia mo "mengunjungi" Indonesia tu besok :D

@Jo : emang mirip lontong sayur, cuma klo lentog, kuahnya ga banyak, tus ga pake sayur labu, tus nangkanya dicincang halus, sama kuah santennya lebih kentel dan warnanya lebih putih.

@tata : wiss.. gile, sampe jerman ta otak2nya ?? mangtaps d :))

jadi pengen makan ketoprak ne Ta ?? kekurangan energi loh ntar :))
cuman mau berbagi tentang kompetisi berhadiah, Pass The Torch khusus untuk blogger, di http://www.hitmansystem.com/index.php?news=144
huh... strange text )