Canada Story - The Missed

Saturday, April 19, 2008
woooiii

Akhirnya sampe juga di vancouver. Urus2 bagasi dan imigrasi kira2 1 jam. Cari2 local departure untuk check in pesawat yang ke Calgary *yepp.. perjalanan belom berakhir booo*. Jauh benerrrr, sambil cari2 sambil foto2 juga, lumayan juga ngumpulin foto2 di berbagai bandara ahahah. Akhirnya ketemu, check in dan masukin bagasi. Beres. Saatnya jalan2, soalnya kita masi punya waktu sekitar 3-4 jam seblom naek pesawat yang ke Calgary.


di bandara Vancouver (ki-ka : Pak Sablin, Timo, Kenny, Henny, Ceemot, Kur)

Sebelom keluar bandara, jemput temennya Kur dulu yang nantinya sekalian jadi tour guide selama di Vancouver. Rencanakan mo jalan2 ke downtown nya Vancouver, sampe kira2 jam 4 an. Awalnya agak ribet urusan transport, soalnya bus di Canada cuma bisa uang pas, sedangkan kita ga punya uang kecil, akhirnya beli Bus Pass yang isinya 10 tiket, bisa dipake pulang pergi ber 5. Oya, Pak Sablin memutuskan untuk tidak ikut ke downtown karena pesawatnya lebih cepat brangkatnya daripada kita.

Saatnya jalan2. Brrrrrrrrr.. begitu keluar bandara, langsung berasa dinginnya. Kira2 sekitar 6-8 derajat Celcius. Langsung pake syawl, binnie sama sarung tangannya. Sekitar 5 menit naek bus, turun di deket taman *eh ternyata di sini juga banyak pohon sakura, lagi berbunga pula, kirain di Jepang doang ada pohon sakura*.


Sakura di pinggir jalan

Sambung naek bus berikutnya untuk sampe ke downtown. Sampe ke downtown, pertama2 ke Public Library, waoooooww.. gede bener, satu komplek sama pertokoan gitu. Keren.. keren.. sempet numpang toilet di sana sebelom lanjut perjalanan, tus belanja dikit. Tus jalan lagi, sambil foto sana sini. Nemu jam berasap. Awalnya sepi tuh jam, tus kita foto2, ehhh.. tiba2 jadi rame hahaha. Abis itu ke stasiun kereta, mo ke daerah Waterfront *semacam harbor gitu* tus foto2 lagi hehehhe.. Ga berasa waktu habis, harus balik bandara untuk meneruskan perjalanan. *thanks Anas buat jalan2nya :D*


atas : Vancouver Public Library
bawah (ki-ka) : jalanan di Vancouver, di Waterfront, depan Jam Berasap


Akhirnya naek pesawat juga ke Calgary. Kali ini naek nya Air Canada, karena penerbangan local, SQ ga menyediakan flightnya, jadi harus pindah pesawat. Wah.. keren juga pesawatnya loh, walopun pesawat local, tapi LCD buat nonton film nya uda pake touch screen. Di pesawat ini ga minat lagi nonton film ato apapun. Pengen bobo aja. Sempet bobo bentar, tapi ga lama dibangunin, dikasi minum & snack. Tus ga lama, sampe juga di Calgary. Oya, di pesawat ini, sempat ketemu sama tim dari Shangdong University yang juga ikut lomba yang sama.

Di bandara Calgary ini, satu2nya bandara yang g nemuin ada arena bermain untuk anak2nya. Nunggu di sini kira2 sekitar 1 jam an untuk naek bus yang akan bawa kita ke Banffn *yepp.. masi belom selesai perjalanannya heheh..*. Sekitar jam 22.30 saat nya naek bus untuk ke Banff. Begitu keluar bandara untuk naek bus, dohhhh dinginnnn.. lebih dingin dari di Calgary boo.. Untung sopirnya lucu, jadi lumayan mengurangi rasa dingin sambil dengerin beberapa pengumuman awal dari si sopir. Dan klo ga salah, g tidur lagi di bus. Oya, di bus ini selain bareng sama tim dari Shangdong, kita bareng juga sama salah satu juri lomba yang berasal dari Bangladesh *bener ga Kur ??*

Sekitar 1 jam seblom sampe *perjalanan bus nya 2.5 jam an klo ga salah*, g kebangun liat ke jalanan, eh.. jadi inget resort2 yang ada di Snowy Mountain di Oz. Mirip banget, jadi de javu deh. Tus.. yang bikin tambah exited, ternyata di pinggir2 jalan, masi ada salju bertumpuk, dan sepertinya baru selesai turun saljunya, soalnya mobil2 yang diparkir di luar masi ditutupi salju semua. Langsung deh berpikir "waaaa.. bisa dapet snow fall neh ntar.. semoga dapet ahhhh.... hohoho..."

Setelah mengantar beberapa penumpang ke beberapa resort terdekat, akhirnya sampe juga ke hotel tempat kami tinggal. Fairmont Banff Springs Hotel. Sampe di hotel uda lewat tengah malam, waktu setempat. Dohh.. sudah cape dan ngantuk banget. Klo ditotal, sejak berangkat dari kost sampe ke hotel ini ada sekitar 30 jam sudah berlalu *doh, 30 jam hidup g terbuang sia2 di atas pesawaat.... hahaha.. ga juga ding.. kan dapet seneng2 juga ya.. heheh..*. Henny langsung ke meja resepsionis untuk urus check in. Kelar check in, langsung masuk kamar, beres2 bentar, ganti baju, bobooooo...


Fairmont Banff Springs Hotel


Jam 6 pagi uda harus bangun, soalnya RCD meeting dimulai jam 7 pagi. Hiks.. kembalikan waktu tidurkuuu.. huhuhu.. Dimulai dengan breakfast, janjian ma Pak Sablin ketemu di lobby, tus ke tempat breakfast bareng. Hmm.. breakfastnya yummy.. bacon panggang, scramble egg, potatoes sama pancake with mapple syrup. Nyammmm... breakfast yang sedap hehehe. Abis breakfast, langsung dibuka acaranya oleh oom Bill Poucher, yang punya ICPC, cerita tentang pelaksanaan ICPC dari sejak awal sampe sekarang. Dan bla bla bla nya... Ajaibnya.. g ga merasa ngantuk lohhh.. hmm.. masi blom kali, masi semangat. Next...


Oom Bill & Tante Marsha Poucher

Acara selanjutnya, New RCD Briefing. Tempat acaranya di Convention Center, gedungnya ada di sebrang hotel. Ada dua cara buat ke sana, nyebrang dari luar hotel, ato pake jalan tembus dari dalam hotel ke sana. Karena g & Pak Sablin ga tau jalan tembusnya di mana, jadi bingung, eh ketemu sama oom James Comer, Director - Regional Contest, dianterinlah sama dia ke sana, eh tapi pake cara yang nyebrang, which means musti keluar dari hotel yang hangat dan nyaman.. begitu keluar dari hotel.. bbrrrr... dingin boo.. mana g cuma pake 1 jaket tipis lagi. Eh.. si oom James pake nanya2 umur g pula :( pake ga percaya lagi pas g bilang umur g hiks. Briefing buat RCD yang baru mo mulai mengadakan lomba di negara masing2. Dibawakan oleh tante Kris Rudin, RCD untuk Amerika Utara. Sambil dengerin briefing, sambil catet2, buat oleh2 panitia di Jakarta.


Oom Santa Clause.. ehh.. salah.. Oom James Comer ding :D


Tante Kris Rudin, yang cowo ga tau sapanya.. suaminya kali ya..

Selesai briefing, saatnya belajar PC^2. Dibawakan oleh John Clevenger, Director - Contest System a.k.a the creator of PC^2. Si oom John ini kayanya paling galak deh, jadi yang paling sering kena jadi bulan2an di acara world final. Selain jadi icon "Do not touch anything" -- until you are told to do so --, taon kemarin di world final dia dikerjain, celana dalamnya diambil sama ahli kecepatan tangan gitu heheh.. lucu.. tapi ga tau itu celana dalam dia beneran apa ngga. Semua update and alamat web untuk belajar lebih lanjut, uda dicatet buat oleh2.


Oom John Clevenger, pas dikerjain di World Final taon lalu..

Abis selesai belajar PC^2, ganti belajar CMS (Contest Management System), oleh oom Jeff Donahoo dibantu beberapa mahasiswanya. CMS ini nanti yang mengendalikan semua informasi yang ditampilkan di web dan ngatur registrasi peserta. Jadi harus belajar bener2 nih. Karena ternyata CMS ini baru di-re-develop, jadi RCD2 lama banyak tanya tentang perbedaan dan kelebih dari CMS baru dibanding yang lama. Di sini g & Pak Sablin jadi pendengar yang baek heheh.. tapi tetep nyatet kok yang penting2, sambil liat yang penting2 juga hahahhaha.

Ehh.. lagi asik2nya dengerin oom Jeff cerita CMS yang baru, ga sengaja mata g beralih dari mukanya oom Jeff ke jendela. Dan tau ga apa yang g liat di luar jendela ?? SNOW FALL waaaaaaaaaaaaaaa..... quite big one pula. Wah, rasanya da pengen keluar aja ngrasain snow fall nya, tapi apa daya.. cuma bisa nonton dari dalem ruangan gara2 masi meeting.. hiks hiks.. sedihnyaaa... Beberapa saat sempet ilang konsentrasinya dengerin oon Jeff, gara2 konsen liat snow fall di luar, abis snow fall lebih menarik daripada CMS si hahaha *ssssssssssttt... jangan bilang2 ko Fredy loh yaa..*

Abis belajar CMS, saatnya makan siang. Abis makan siang, acara diskusi sama sponsor utama, yaitu IBM, dibawakan oleh Debbie Kirbride. Ini yang paling ditunggu2, saatnya tau dapet duit brapa dari IBM hohoh. Begitu amplop dibagikan, langsung dibaca, dannnnn..... jumlah yang didapat cukup besar dan memuaskan.. hohoh.. oleh2 yang bagus buat panitia sponsorship :D. Dilanjutkan dengan diskusi dikit masalah sponsorship, lalu acara berlanjut ke diskusi dengan Super Region Asia, yaitu oom C.J Huang. Dijelasin tentang ini itu, tus ga lama oom Bill masuk karena ada hal penting yang mo diterangin. Abis oom Bill ngomong, acara diskusi selesai.

Saatnya workshop nyobain CMS nya. Dibantu *halah, orang cuma dikasi tau user id & password doang gitu* oleh Alex, salah satu mahasiswanya oom Jeff, mulailah g & Pak Sablin nyobain CMS nya. Agak bingung2 dikit awalnya, tapi lama2 mulai ngerti dan terbiasa juga pake CMS nya. Eh tus ada hal yang aneh sama masalah user id & email, akhirnya nanya lagi sama our helper, setelah diterangin, baru deh ngerti. Ok deh.. oleh2 berikutnya sudah siap.


Oom Jeff Donahoo (bawa t-shirt) dan mahasiswanya (Alex yang paling kiri)

Abis itu, acara RCD untuk hari itu abis. Giliran tim lomba yang mulai registrasi. Pas g masuk kamar, ternyata si Henny lagi bobo, kecapean abis dari Lake Louis sama Timo, Kenny & Kur *hikss.. g ga bisa ikut.. curanggggg*. Pas g masuk kamar, ga lama Henny kebangun, tus g tanyain masalah registrasi, ternyata dia da janjian sama pantia untuk registrasi jam 8. Sekitar jam 6 an akhirnya diputusin untuk registrasi dulu sekalian makan malam. Sementara Henny & anak2 ngurusin registrasi, g sama Pak sablin jalan2, sambil syuting2, foto2 sama maskot Moose nya, eh diledekin sama oom James yang kebetulan tugas jaga mesin foto copy di tempat registrasinya.


kiri : Ceemot sibuk syuting
kanan : suasana meja registrasi



kiri : ayoo cakep mana Ceemot apa Moose nya ??
kanan : Bergaya ala keluarga drakula lagi kedinginan hoho..


Selesai registrasi, saatnya makan malam, hmm.. makan malamnya enak juga, ada daging bak yang disuwir2 gitu, tus ada ayam yang enak, ada asin2nya gitu. Sambil ditemani live country music dari penyanyi local. Not bad lah. Selesai makan, masi blom mau balik kamar, jadi foto2 dulu, mumpung ada spot yang bagus buat foto2. Sekalian sambil jalan ke tempat anak2 mo ngambil gift dari IBM.


suasana makan malam ditemani live country music


foto dulu ah sama poster ICPC nya..

Abis dari situ pengen nyobain cyber cafe nya, jadi ke gedung sebrang, klo ga salah kali ini lewat jalan tembus, ga lewat luar lagi. Sampe tempat cyber cafe nya ternyata agak rame. Sempet g online bentar, tapi akhirnya uda males, keluar, liat presentasi tentang catur sebentar, tus akhirnya balik kamar, bersih2, tus bobo.. besok masi ada meeting lagi sama mo jalan2 ke icefield. so.. see you on the next post..


Bersambung..

*All photos courtesy of : ACM-ICPC Web Site, Personal collection of : Kurniady, Henny & Ceemot*

Labels:

 
posted by Me at 1:51 PM, |

9 Comments:

aih aciknyaaa.. hihihihi..
keren ya tugas dinas di binus.. ^^
"Eh.. si oom James pake nanya2 umur g pula :( pake ga percaya lagi pas g bilang umur g hiks."

bwahahahahahahahaha =))
wahhhh ci yennn... seru tuh... hahahaha ditanya umur... *ngakak*

Regards,
Xander
mana saljoenyaaaaaaaaaaaaaa.....

suhendry....loe ga ngelayat waktu itu yah???
oh iya....yg anonym td gw , OnO
Oom John Clevenger
tadi kebacannya klenger hihihihi... maaph ya om :p

btw reminder ada kena tag yaaa hihihi

@ ci wil..
ci wil..coba diitung dari sekian kary, yang pegi pan cuma sekian hihihi...
*kapan daku dapetnya ya hihii*
tpai emang enak si kerja di beenus, environmentnya enak :p

* ini lagi cepet2 tulis ya ci, ampe lupa kasi judul ;p *
@sakuralady : hehehe.. iya.. makanya g betah hahah :))

@su : ga sopan lu.. ketawain g :((

@xander : hiks iya tu si oom.. payah.. pake tanya2 umur.. dikira g anak Pak Sablin kali ya :))

@Ono : ehhh.. ga sopan.. panggil2 orang lewat blog g :((

@tata : oiya.. hahaha.. ntar ya Ta.. masi sibuk :)) *alesan neee..*
wuah,, dari IBM itu dibagikan begitu sajah ya cie? buat uang saku gtu? mantapppp :D

kapan nih binus.. hohohoh..

CMSnya koq dari cie yen yang urusin? bisa online gtuH?
dibagikan begitu saja Nung, tapi bukan buat uang saku.. klo itu uang saku mahh.. kemarin ga pusing kekurangan duit pas extent :D

itu dana sponsorship buat adain lomba APC di Jakarta nanti.. dananya juga baru dikasinya nanti Agustus, kemarin cuma dikasi tau besar dana yang akan diterima aja kok :)

CMS nya online.. CMS untuk tiap site kok, jadi ngurusin pendaftaran, tus informasi2 yang harus ditampilin di web untuk tiap site gitu2 aja kok..