9 Tahun Yang Lalu

Saturday, May 12, 2007
Minggu2 ini kita memperingati tragedi Mei yang terjadi 9 taon yang lalu. Untuk memperingati hal tersebut, kali ini g mo post pengalaman g pada 9 taon yang lalu. Ikut lari2an di kampus, jaga malam, ngungsi dsb.

Berawal dari demo2 dari para mahasiswa sejak hasil pemilu taon itu, karena yang menang partai itu lagi partai itu lagi, dan presidennya itu lagi itu lagi. Mahasiswa uda bosen, sampe mreka punya yel yel seperti ini "tujuh kali.. tujuh kali.. tujuh kali sampe matiii..." merefer ke si presiden yang waktu itu terpilih menjadi presiden untuk yang ke 7 kalinya.

Sejak itu banyak issue bakal timbul kerusuhan dan sebagainya. Hal ini menjalar juga ke suasana di kampus, ga jarang kampus diliburkan klo ada issue2 mo kerusuhan. G tentu senang karena artinya ga usa masuk kerja dan bangun siang dan ga usa kuliah :D Tapi ribetnya, g musti back up in semua data dosen tiap mo ada libur karena kerusuhan. Mana waktu itu masi pake diskette pula. Klo da males back up, akhirnya HardDisknya yang dicopot :D heheh. Ijazah2 asli dosen yang masi nitip di kantor g, ya diungsikan dulu *ke mana ya.. lupa g..*

Sehubungan BiNus ini kan kampus komputer, ga ada fakultas FISIP gitu2an, jadi ga terlalu concern sama masalah politik bangsa sendiri. Jadi klo mahasiswa2 kampus lain pada ikut demo atau bikin orasi di kampus masing2, di BiNus adem ayem aja.. kuliah.. sampe akhirnya ada issue klo kampus BiNus pernah dilemparin underwear cewe sama mahasiswa kampus laen *ga tau bener apa ga si..* karena dianggap BiNus "banci" ga berani maen politik gitu lah kira2.. padahal bukan ga berani si.. tapi karena ga ngerti masalah politik, taunya ngadepin komputer doang, bukan mikirin politik negara heheh..

Nah karena kejadian pelemparan itu, BiNus pun ambil bagian di panggung politik negara kita *halahhh...* BiNus ngadain Orasi Terbuka di depan Lab Software. Untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan, jadi orasi di dalam kampus supaya lebih terjaga dan mencegah penyusupan oleh orang2 yang tak diinginkan. Jadi mahasiswa aman, dan BiNus juga ga dibilang ga peduli sama keadaaan negara. Waktu itu g ingat, Pak Tri Djoko pernah jadi salah satu yang ikut berorasi saat itu.

Bulan Mei pun datanglah. Diawali tanggal 11 Mei 1998 uda mulai ribut2 demo mahasiswa Trisakti. Tanggal 12 Mei 1998, terjadi penembakan mahasiswa Trisakti oleh aparat, dan taukah sodara2 di mana cc g waktu itu ??? di Citra Land, lagi makan di Jolly Bee.. menurut cerita cc g, waktu itu pas ada penembakan, CL langsung ditutup, pengunjungnya ga boleh keluar semua. Cc g juga ga boleh keluar dari Jolly Bee (sekarang Pizza Hut klo ga salah.. ato kebalikannya ya.. tau ah.. lupa :D), sampe keadaan agak mereda. Pas keluar dari CL mo pulang ke kost, sempat merasakan gas air mata juga dia.

Oya, fyi, waktu itu di BiNus lagi UTS semester genap 1997/1998. Tanggal 13 Mei 1998, g ingat banget ujian Petruk (Pemrograman Terstruktur), hari itu uda mulai banyak yang ga masuk. Abis ujian, balik ke ruangan Sekdos (BDA -> LRC sekarang) di Akademis. Agak sorean denger klo pom bensin deket Trisakti dibakar. Temen2 kerja yang tinggalnya di Kota atau deket2 Trisakti uda pada mulai panik pada mo pulang semua, dan hari itu dipulangkan lebih cepat.

Tanggal 14 Mei 1998, UTS Bahasa Inggris II. Pas sampe kampus, dikasi tau klo ujian dibatalkan, jadi g langsung ke kantor g *ceilee..* Baru mo idupin komputer, tiba2 ada pengumuman karyawan diliburkan sampe 1 minggu, dan mahasiswa libur sampe 2 mingguan ya klo ga salah. Yang tinggal di luar kota langsung pada pulang kampung, tapi denger2 banyak juga yang susah pulang kampung, karena jalanan ke bandara / stasiun juga ga bisa lewat, termasuk g yang ga bisa pulang kampung. Back to my office, ga jadi buka komputer, beres2, kasi tau temen kerja klo libur tus pulang kost. Sampe kost, g diajakin cc ambil duit di ATM, buat jaga2.

Bersama beberapa temen kost, ke kampus untuk ambil duit di ATM. Sampe kampus ternyata yang antri ATM da rame banget. Kita ikut ngantri sambil ngobrol2. Tiba2 ntah dari mana, orang2 yang antri jadi ketakutan dan lari2 ke akademis. Di akademis gelap gulita sempat berlindung bentar di sana. Eh ada telp bunyi di akademis, g angkat. Ternyata mahasiswa nanyain ujian bener dibatalkan apa ga, g kasi tau klo mahasiswa diliburkan sampe sekitar 2 minggu. Yang telp pake nanya "kok suaranya gemeteran kaya ketakutan gitu, ada apa ya?" haiyaaa... pake nanya pula.. g bilang aja "ga, ga ada apa2.. ya udah ya.." tus g tutup.

Baru tutup telp, sama OB disuru keluar dari akademis, disuru pulang demi keselamatan bersama, pada turun dari akademis and pulang. Ternyata pintu keluar ditutup, kita disuru keluar lewat pintu samping *di parkir timur, pintu ini nembus depan warung indomie di gang samping pintu keluar*. Dan dari gang itupun kita ga boleh langsung ke luar ke jalan, tapi harus muter dulu sampe ke gang salon Christopher baru boleh keluar ke jalan.

Padahal kost g kan ada di belakangnya Warung Medan, depan pintu keluar BiNus, jadi jauh d, mana harus lari2 and ketakutan pula. Salah satu temen kost g pulang dari tempat kerjanya di sebrang Slipi Jaya, jalan kaki, ditemani salah satu temen kerjanya cowo, soalnya da ga ada kendaraan yang bisa lewat, Slipi Jaya pun uda dibakar. Dan temen g sempat lihat penjarahan di Slipi Jaya.

Malamnya dan hari2 berikutnya adalah saat2 menegangkan dan menakutkan. Tiap hari kerjanya dengerin berita di radio atau nonton berita di TV uda lupa sama film & sinetron. Tiap denger berita isinya titik api terlihat di daerah A, titik api terlihat di daerah B, penjarahan dan pembakaran supermarket di daerah C dsb, sereeemmm. Ga ada yang berani keluar dari komplek kost g. Kita sekost yang tadinya ga gitu kenal sama kontrakan sebelah *cowo semua siii..* jadi kenal, karena sering jaga malam bareng. Tus bikin rencana bareng2, klo keadaan bahaya kita semua, dari kontrakan paling blakang, kost g, kontrakan sebelah g, lari ke rumah kontrakan belakang rumah Ibu Kost, karena di sana ada jalan tembus ke rumah Ibu kost.

Suatu malam, g lagi ngobrol sama temen kost and salah satu penghuni kontrakan sebelah. Lagi enak2 ngobrol, tiba2 ada rame2.. katanya kerusuhannya da sampe Akasia *supermarket di daerah Rawa Belong.. sekarang da ga ada.. diganti Alfa Mart klo ga salah* dan kerusuhan menuju ke arah BiNus. Langsung si penghuni kontrakan sebelah lari ke depan ikut jaga sambil bawa pentungan bareng2 sama penduduk lokal Syahdan & penghuni2 kost di Syahdan yang cowo dan ga pulang kampung dan berani mati.

G and temen kost masuk kamar siapin barang2 penting *g punya uda dipak di satu tas ransel, tinggal dibawa aja* And cc g? cc g lagi pules2nya bobo... haiyaaa.. lalu g bangunin cc g. "ceeee bangun cee... ngungsi ce... kerusuhannya da mo sampe BiNus ce... banguuunnnn..." sambil g guncang2 badannya.. ehh.. masi ga mo bangun.. duh jadi kebelet pipis d g gara2 panik cc g ga bangun2.. haiyaa.. ceceeeeeee.. bangun donggggg... adohhhh.. ah.. sutrah.. g pipis dulu daripada ntar terngompol2 kan ga lucu..

Akhirnya g lari ke kamar mandi ga tahan, pipis, pas balik lagi ke kamar, ternyata cc g da bangun and nungguin g, karena yang laen da ngungsi. haiyaa.. akhirnya bangun juga dikau cc.. lalu g & cc ngungsi juga, sambil menunggu keadaan. Cc g sempet nanyain, kok pake pipis segala, orang da cepet2 gitu, haiya.. dia tak tau gara2 dia ga bangun2 g jadi kebelet pipis. Orang lagi panik mode on semua kok bisa2nya tidur pules, dibangunin susah pula. Lalu kita tinggal di rumah itu sampe pagi, dan ternyata keadaan masih aman..

Thank God sampe pagi itu keadaan di tempat kita baik2 semua. Pagi2, pulang balik ke kost, mandi2 dan beberes. Cowo2 ditugaskan untuk cari makan keluar. Oya hari2 seblomnya masi pada blom brani keluar dan warung2pun banyak yang tutup, kita makan indomie.. untung punya indomie banyakan. Setelah hari itu, kerusuhanpun makin hari makin mereda, jaga malampun da ga seintens malam2 sebelumnya, dan BiNus pun mulai masuk kerja. Dan pak Presiden pun turunlah..

Beberapa minggu setelah kerusuhan itu, masih banyak demo2 di gedung MPR menuntut reformasi dan Pemilu ulang. Satu pengalaman yang g ingat banget, waktu itu g ada jadwal untuk ke KOPERTIS III di Cawang. G dianter sama Pak Imam naik mobil kampus yang waktu itu masi Kijang Item. Pas brangkat nothing happened la, g sampe ke KOPERTIS III dengan selamat, urus ini itu dan selesai.

Balik ke kampus, pas lewat depan gedung MPR, di mana banyak mahasiswa lagi berdemo dengan semangatnya.. lah kok tiba2 mesin mobilnya mati. mogok. hadoh.. takuttt... sepertinya Pak Imam juga agak panik si, soalnya pas banget itu mobil mogok di depan para pendemo. Untung demonya pada ngadep gedung MPR bukan ngadep ke jalan, jadi mungkin pada ga liat kita.

Untungnya *bener kata Anung..* ada bapak2 yang baek bantuin dorong mobil dan mobil bisa jalan lagi.. hufff... legaaaa... makasi Pak.. yah walopun mungkin klo lamaan pun blom tentu terjadi apa2, tapi kan namanya demo gitu.. anything can happen only God knows.. jadi ya lega banget waktu mobilnya bisa jalan lagi, dan itu juga jadi pengalaman tak terlupakan, tiap g lewat jalan itu sama Pak Imam pasti mengenang kembali memori saat menakutkan itu lagi.

Dan akhirnya setelah disetujui untuk pemilu ulang, keadaan Jakartapun sudah mulai berangsur2 pulih, dan demo2 sudah ga terlalu ditakuti lagi oleh para warga Jakarta. Abis demonya keseringan si.. klo takut mulu ya ga kerja2 dah.. Semoga Jakarta ga sampe mengalami lagi d kejadian buruk seperti tragedi Mei itu.. mari kita doakan sama2... :D

Labels:

 
posted by Me at 12:22 PM, |

13 Comments:

Waduh pengalaman yg mengerikan ya ci..

Tapi masih untung deh ngga kenapa2.. *harus bersyukur :D

Waktu kerusuhan itu sih g blm di jkt jd ngga tau apa2 taunya cuma lewat berita aja..

Ngga perlu terjadi lagi deh kerusuhan seperti itu.. Cukup sekali aja..
"...Langsung si penghuni kontrakan sebelah lari ke depan ikut jaga sambil bawa pentungan bareng2 sama penduduk lokal Syahdan & penghuni2 kost di Syahdan yang cowo dan ga pulang kampung dan berani mati..."

bukannya berani mati ci, tapi emang terpaksa. kalau semuanya lari, wah bisa gawat. skrg jadi pengen makan jolibee lg nih.. >_< masih ada gak yak?
  At Monday, May 14, 2007 8:04:00 AM Anonymous Anonymous said:
waktu tgl 13 nya tuh, g masi sempet maen bola seabis pulang sekolah mwahahaha..
pas pulang baru sadar kl ada yg ga beres setelah berdiri di pinggir jalan 1 jam ga ada 1 angkot pun yanag lewat :D
moga2 si ga terjadi lagi, kan org2 da pada sibuk sama bencana alam, pesawat jatoh, kapal kelelep, flu burung, dkk =))=))
@felix : iya.. untunggg *kaya kata Anung* ga kenapa2..

@zen : masih ada tu jollybee di manila :))

@riep : hmm.. tanggal 13 pagi emang blom berasa si ya kerusuhannya.. mulai 14 siang tu baru berasa..

@epi : hmm.. mungkin bencana2 itu sengaja diberikan biar ga rusuh lagi kali ya.. semoga everything will always be ok d from now on :D
huaaa, gw inget banget, mot... pas hari itu lagi ujian. lupa gw... apa ya? tapi trus batal karena ada kerusuhan. kost gw di kh syahdan. itu loh yg di samping toko aqua galon. samping bengkel motor. depannya bakso makaliwe (dulu). seisi kost pada panik semua. ada yg dijemput cowoknya n ngungsi ke rumah cowoknya. bikin siriiik. sedangkan cowok gw waktu itu entah kemana (belakangan diketahui selingkuh! huh)

trus di kost pada heboh. bawa2 sapu, piso, anything buat jaga diri deh. temen gw yg bener2 putih n sipit minjem mukena sama ibu kost. biar klo ada apa2 disangkain muslim gitu. hahahaha. lucu deh, seru. tapi waktu itu mah boro2 kepikiran lucu. pada takut semua :p
wah, ternyata cie2 salah satu yg ngalamin tragedi mei yah...waktu itu gw masi kelas 1 smu kalo ga salah.
Pengalaman tak terlupakan yah cie :)
@susi : deket jualan galon ? masuk gang ga sus ? g sekarang kost di gang deket toko yang jualan galon.
iya sepupu g pulang dari kerja naek ojek juga pake kerudung.. anak kost tempat kost temen g, tidur pada bawa baygon.. seremmm..

@aCia : iya, tak terlupakan soalnya blom setaon di Jakarta da ngalamin kaya gitu.. untung masi 1 kost ma cc dulu.. klo ga ga tau d.. :((
  At Monday, May 14, 2007 3:56:00 PM Anonymous Anonymous said:
ehm... citraland ditutup? yg di dalem ga bole keluar? gimana seh.. pesen lagi dong bilang, mbak2.. yg ini gratis ya...pizzahutnya...kan saya ga bole pulang jadi saya makan lagi...

huaheuahueh(pasti uda ga napsu makan pas itu).
@jo : hahaha.. boro2 mikir mo makan lagi.. yang kepikir kali, gimana caranya nanti sampe kost dengan selamat kali ye..
jd merinding klo inget.. :|

bawaannya kesel.. marah.. tp ga isa apa2...

anung waktu itu masi tinggal di daerah Kota. kerusuhannya cuma beda 100 meter ama rumah. untunggggggg... jalanan sempet diblokir trus dijagain warga.. :|
wah.. untung ya ga sampe ke rumah Anung, 100 meter kan uda deket ya.. apalagi di Kota, lebih serem kan ya di sana..
  At Friday, May 18, 2007 8:43:00 PM Anonymous Anonymous said:
untung ceemot selamat :D
dulu itu gua msh kelas 2 SMA. pas cici/koko g lagi sakit cacar pula, jadi nyokap ada di jkt waktu itu, di kampus BiNus :D
perasaan saat itu: khawatir & marah. insiden ini juga yg membulatkan tekad g utk "kembali" ke "kampung halaman" :D
u know what i mean =))